Ketahui Privasi kebebasan Internet Anda

Mengatahui privasi kebebasan internet adalah sangat penting bagi anda terutama yang tidak bisa lepas dari internet. Internet sendiri sudah menjadi kebutuhan yang sudah tidak bisa ditinggalkan, kebutuhan akan informasi manjadikan kita semua butuh internet. Namun tahukah anda tentang privasi anda di internet? Apakah anda tahu batasan-batasan anda dalam internet? Tahukah anda kalau anda sedang browsing atau melakukan aktifitas internet secara langsung ada pihak lain yang mengetahui informasi tentang anda?.
Yang harus anda ketahui bahwa anda tidak sepenuhnya memiliki 100 persen privasi anda ketika anda berinternet, ini tidak hanya soal hacker atau penjahat online lainya. sebagaian besar web yang anda kunjungi seperti google dan facebook bisa mengetahui beberapa informasi dari anda, tentunya informasi ini tidak akan disalahgunakan. Berikut ini adaah beberapa hal penting yang harus anda ketahui tentang privasi internet anda ketika beraktivitas dalam internet.
Anda tidak 100 persen memiliki privasi kebebasan
Yang anda harus sadari bahwa anda tidak memiliki 100 persen privasi kebebasan anda ketika anda melakukan aktifitas internet. Sudak atau tidak suka ketika anda berinternet anda sudah melakukan komunikasi melalui komputer anda nah tiap komputer memiliki identitas masing-masing atau yang dikenal dengan nama IP, jadi ketika melakukan aktifitas internet secara otomatis alamat IP anda akan dikenali maka itu juga berarti lokasi anda.
Tips bila anda tidak ingin IP anda dikenali anda bisa menggunakan jasa proxy, atau VPN untuk menjaga keamanan dan privasi anda. Tetapi ingat jangan pernah menggunakan jasa ini untuk melakukan hal yang dilarang atau melanggar hukum karena selihai apapun anda menyembunyikan diri tetap akan ketahuan.
Gratis? Privasi bayaranya
Anda tentu sering menggunakan google, yahoo, facebook, twitter dll dengan gratis bukan? anda tidak pernah sekalipun membayar sepeserpun pada web tersebut untuk menggunakan jasanya. Lantas bagaimana mereka bisa hidup? Jawabanya adalah dari informasi tentang anda atau privasi anda,  dan mereka menjual data informasi anda kepada pengiklan. Dengan kata lain anda memang tidak mengeluarkan biaya sepersepun ketika menggunakan facebook, google dll namun anda membayarnya dengan privasi anda.
Apakah berbahaya? Tentu tidak karena mereka menggunakan data anda untuk kepentingan pengiklan sehingga sama sekali tidak membahayakan diri anda tidak sama dengan hacker atau penjahat sejenis lainya, jadi anda tidak perlu khawatir tentan hal ini. Dan yang paling penting adalah sudah ada undang-undang yang mengatur hal ini terutama di USA sono. Jadi bila mereka melakukan tindakan yang merugikan user maka merekan akan menghadapi tuntutan hukum di sana.
Hati-hati tindakan anda di internet
Saat ini di indonesia sudah ada UU ITE yang mengatur kegiatan internet. Jadi anda yang hidup di indoesia sudah tidak dapat lagi dengan seenaknya sendiri menghina atau merendahkan atau menungkin memfitnah orang lain di facebook atau twitter karena anda bisa di tuntut dan dipenjara. Salah satu contoh nyata adalah ditangkapnya orang yang menghina atau menjelekan jokowi atau prabowo beberapa waktu yang lalu.
Dan jangan pernah berpikir kalau pihak kepolisian tidak tahu posisi anda, karena sangat mudah untuk melacak posisi anda yang update status demikian.
Hampir mustahil untuk meghilangkan jejak
Semua foto yang pernah kita upload di internet hampir mustahil untuk dihapus, bahkan untuk foto yang di hapus bisa dilacak dengan teknik tertentu. Jadi anda harus berhati-hati untuk upload foto ke internet karena sekali terupload maka akan sulit untuk di hapus.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,