Mengetahui Gejala Kekurangan Zat Besi

Anda dapat mengetahui gejala awal karena kekurangan atau defisiensi zat besi, berikut ini adalah gejalanya.
Mudah lelah
Semua orang pasti pernah merasakan kelelahan terutama bagi anda yang sehabis bekerja, hal ini sangat normal ternjadi pada semua orang. Namun lain halnya jika anda merasa mudah lelah apalagi bila dibandingkan dengan biasanya. Sangat mungkin anda menderita kekurangan zat besi atau defisiensi zat besi, karena zat besi berperan membantu darah dalam membawa oksigen untuk disalurkan ke semua organ tubuh kita. oksigen sendiri merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk membangun tenaga kita.
Kulit pucat
Jika kulit anda tiba-tiba menjadi pucat tidak seperti biasanya maka bisa jadi anda sedang kekurangan zat besi, karena salah satu ciri umum orang yang kekurangan zat besi adalah kulit pucat tidak peduli apa warna kulit anda. Tidak hanya kulit namun juga bibir anda akan terlihat pucat dan juga kadang warna pada kantung mata anda juga pucat.
Kesulitan bernapas
Salah satu peran utama dari zat besi adalah membantu darah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga kekurangan zat besi akan membuat anda sulit bernapas seperti biasanya karena terganggunya pendistribusian oksigen dalam tubuh.
Anemia
Anda mengalami anemia? Sangat mungki hal ini disebabkan karena tubuh anda kekurangan zat besi, salah satu penyakit yang sering diderita oleh mereka yang menderita kekurangan zat besi adalah anemia. Dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan juga organ hati.
Kaki kejang
Salah satu gejala dari kekurangan zat besi adalah tiba-tiba kaki menjadi kejang, pada satu penelitian menyebutkan bahwa penderita kekuranga zat besi sebanyak 20 persen menderita kaki kejang.
Kecemasan
Salah satu gejala dari kekurangan zat besi adalah kondisi psikologis yang mudah cemas, karena kekurangan zat besi akan menghalagi sistem saraf kita untuk mendapatkan asupan oksigen dengan baik, hal ini akan membuat anda menjadi mudah cemas tanpa alasan.
Rambut rontok
Gejala umum dari kekurangan zat besi adalah rambut yang rontok, karena kurangannya asupan oksigen pada kulit kepala yang disebabkan oleh terganggunya pendistribusian oksigen secara normal. Hal ini sangat biasa terjadi pada mereka yang kekurangan zat besi pada tingkat parah.
Lidah bengkak
Lidah merupakan salah satu indikator yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui apakah anda menderita kekurangan zat besi atau tidak. Pada penderita kekurangan zat besi biasanya mereka memiliki lidah yang bengkak.
Dorongan mengunyah benda keras
Pernahkah anda memiliki keinginan untuk mengunyah atau menggigit benda seperti es batu, kapur, tanah liat atau mungkin kotoran? Jika iya makan sangat mungkin anda menderita kekurangan zat besi. Gejala seperti ini biasanya disebut pica, merupakan hal yang lazim biasa terjadi pada penderita kekurangan zat besi.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,