Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Makanan

Anda sering menderita flu atau pilek? Anda sangat mudah sekali terserang suatu penyakit pada saat hujan? Kalau iya maka jawabanya adalah sistem kekebalan tubuh anda sangat buruk sekali sehingga anda tidak memiliki daya tahan atau imunitas yang baik terhadap perubahan lingkungan. Sistem kekebalan tubuh yang buruk akan membuat tubuh anda sangat mudah sekali untuk terinfeksi berbagai macam bakteri atau virus, maka tidak heran berada dalam kondisi lingkungan yang tidak sehat atau dengan cuaca yang tiba-tiba hujan membuat anda mudah sekali untuk jatuh sakit.

Adalah gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab utama dari penurunan sistem kekebalant tubuh. gaya hidup yang serba sibuk sehingga aktivitas untuk olahraga dan istirahat sangat kurang menjadi penyebabnya, ditambah lagi dengan kurangnya asupan makanan-makanan yang bergizi atau memiliki kandungan nutrisi tinggi. Anda dapat dengan mudah mengenali kondisi kekebalan tubuh anda dengan mudah sekali. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk seringkali mudah lemas dan kelelahan, mudah cemas, dan juga mudah lesu kurang bertenaga.
Penting sekali untuk memperhatikan makanan apa yang anda makan sehingga anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Berikut ini adalah berbagai tips  makanan yang baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh anda.
Kurangi gula
Jika anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, anda harus mengurangi gula dalam makanan anda. Untuk anda ketahui gula membuat proses osmosis dalam tubuh sehingga mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh anda sehingga berdampak langsung dengan penuruan sistem kekebalan tubuh anda.
Makanan kaya serat
Jika anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda maka anda harus meningkatkan asupan serat untuk tubuh anda, anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan serat pada berbagai macam makanan seperti sayuran hijau yang juga kaya akan berbagai macam nutrisi tinggi lainya. serat sangat berguna untuk menentralisir berbagai racun dalam tubuh anda sehingga anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.
Ganti kue dengan buah
Kebanyak kue memiliki kandungan radikal bebas yang sangat tidak baik bagi sistem kekebalan tubuh anda. Kue sebagian besar sudah mengalami proses olahan sehingga memiliki kandungan nutrisi yang sangat rendah. Anda bisa mengganti kue dengan buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh anda.
Hindari makanan olahan
Hindari makanan olahan terutama yang mengandung bahan pengawet dan pewarna kimia, karena mengandung sejumlah senyawa radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh anda. Senyawa radikal bebas pada makanan tersebut sangat berbahaya sehingga dapat menimbulkan resiko kanker. Makanan cepat saji dan makanan instan adalah sejumlah makanan yang harus anda hindari pertama kali.
Hindari gluten
Hindarilah gluten yang terdapat pada berbagai macam makanan seperti tepung putih, roti tawar dan juga pasta. Karena kandungan gluten pada makanan tersebut sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh anda sehingga membuat pencernaan anda akan terganggu dan bekerja terlalu keras. Akibatnya sistem kekebalan tubuh anda akan cenderung menurun.
Minum air putih yang cukup
Air putih sangat membantu tubuh anda untuk melakukan detoksifikasi secara alami. Air putih mampu menentralisir dan mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh anda secara alami. Jumlah minimal untuk minum air putih adalah 8 gelas dalam satu hari. Selain air putih teh hijau juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,