Tips merawat kuku untuk menunjang penampilan dan kesehatan kita

Merawat kuku sangat penting sekali terutama untuk menunjang kecantikan dan penampilan. Karena kuku sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kecantikan dan penampilan sama dengan rambut, dan wajah.  Tidak acuhnya terhadap perawatan kuku akan menyebakan kuku mudah pecah, kasar dan tidak halus. Kuku yang tidak terawat juga akan menyebabkan kulit tipis di daerah sekitar kuku akan menjadi mengelupas. Dan perlu diingat bahwa kuku sama dengan rambut yang selalu tumbuh lebih panjang jadi sangat penting untuk selalu memotongnya dengan baik selain untuk penampilan juga untuk kesehatan, karena kuku yang panjang menjadi lebih rawan untuk sebagai tempat tumbuhnya bakteri-bakteri dalam kuku tersebut.
Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana kita merawat kuku sehingga menunjan kesehatan dan penampilan kita.

Kotek atau pewarna kuku
Menggunakan kotek baik untuk menujang dan memberikan kesan kuku menjadi lebih indah dan enak dilihat namun yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa kuku kita perlu bernafas dan istirahat jadi janga pernah menggunakan kotek dan tidak menghapus nya selama berhari-hari apalagi sampai berminggu-minggu. Penggunaan kotek pewarna kuku lebih lama akan membuat kuku menjadi berwarna kuning karena tidak memiliki kesempatan untuk beristirahat dan bernapas tentu anda tidak menginginkanya bukan.
Hal ini juga berlaku untuk berbagai asesoris yang menutupi kuku seperti yang banyak sekali beredar saat ini karena suda menjadi trend dikalangan anak muda. Juga usahakan menggunakan kotek dengan bahan pewarna alamin bukan pewarna buatan. Karena bahan pewarna buatan mengandung berbagai bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan kuku kita.
Gunakan krim kuku
Banyak sekali kita dapatkan dengan mudah krim yang membantu kesehatan kuku kita, krim kuku berguna untuk memberikan nutrisi pada kuku agar kuku menjadi sehat dan kuat. Krim kuku sangat baik dipakai terutama pada saat kita menghapus kotek atau pewarna kuku kita. Variasai krim lainya adalah krim kutikula yaitu krim yang menunjang kesehatan kutikula atau jaringan kulit dalam kuku kita.
Makanan sehat
Mengkonsumsi makanan sehat terntentu sangat menunjang kesehatan kuku kita, karena beberapa nutrisi terntentu sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan kuku kita, memperkuat dan mencegah kuku menjadi rapuh dan pecah. Makanan yang kaya akan biotin atau vitamin H berperan penting untuk memperkuat kuku tidak lemah dan rapuh. Kita bisa dengan mudah mendapatkan nutrisi biotin pada makanan seperti Pisang, kacang-kacangan, kembang kol, telur, kacang-kacangan.
Protein juga sangat penting untuk menunjang kesehatan kuku kita, Protein sangat penting untuk menjaga kuku agar tetap sehat. telur, kacang kedelai, biji-bijian merupakan contoh makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk kesehatan kuku kita.
Nutrisi lainya yang juga sangat penting bagi kesehatan kuku kita adalah zat besi, zat besi sangat penting untuk menjaga dan membuat kuku tetap kuat beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi yang tinggi adalah biji-bijian, sayuran hijau, kacan-kacangan.
Ubah kebiasaan
Kebiasaan kita secara tidak sadar juga dapat menyebabkan kuku menjadi rusak. Kebiasaan untuk menggiggit kuku akan merusak kuku dan mengganggu keindahan dari kuku itu sendiri karena cenderung membuat kuku menjadi memiliki potongan yang tidak simetris dan kasar. Selain itu kebiasaan mengginggit kuku biasanya juga disetai dengan kebiasaan untuk merobek kulit tipis sekitar kuku sehingga  seringkali membuat kuku menjadi berdarah dan menyebabkan ifeksi bakteri berbahaya bagi kuku kita.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,