Tips Menjaga Kesehatan Saat Kerja Lembur

Tahukah anda bahwa orang yang terbiasa kerja lembur memiliki kondisi kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang bekerja secara normal. Dengan kondisi kesehatan yang tidak baik tentu juga akan menurunkan produktivitas saat bekerja.
Orang bekerja lembur memiliki tingkat resiko penyakit yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang normal, orang bekerja lembur mudah terserang penyakit tekanan darah tinggi dibandingkan dengan lainya, yang tentunya jika dibiarkan dalam jangka panjang akan menimbulkan penyakit berbahaya lainya seperti jantung. Kerja lembur sebenarnya juga menurunkan produktivitas kerja,
karena pada saat melakukan kerja lembur energi cenderung sudah menurun dan habis, tingkat kesadaran juga jauh menurun sehingga tidak mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.  Disamping itu kerja lembur juga akan meningkatkan resiko stres dan depresi karena tubuh kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, karena bagaimanapun juga tubuh perlu instirahat agar kita bisa maksimal pada saat bekerja.
Namun seringkali tuntutan pekerjaan membuat kita tidak bisa menghindari kerja lembur, deadline dari atasan membuat kita tidak terpaksa untuk kerja lembur. Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda untuk menjaga kesehatan serta meninkatkan produktivitas kerja lembur dengan baik.
Gunakan waktu istirahat siang
Gunakan waktu istirahat anda pada waktu sian untuk tidur paling tidak 30 menit agar anda dapat bugar kembali bekerja utamanya ketika lembur nantinya. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan kita, hal ini karena tidur siang sangat berguna untuk menata ulang sistem kesadaran kita dan mengistirahatkan tubuh kita sehingga memiliki energi yang cukup untuk bekerja kembali. Dan jangan sekali-kali menggunakan waktu istirahat anda untuk  bekerja karena hal itu membuat kesehatan kita menjadi menurun begitu juga dengan produktivitas kita.
Olahraga rutin
Pergunakan waktu senggang ketika dirumah baik pada waktu liburan atau tidak untuk berolahraga, karena dengan berolahraga secara rutin kita bisa mempersiapkan tubuh kita lebih baik. Orang yang rajin berolahraga memiliki tenaga yang lebih besar sehingga tidak mudah lemas atau hilang tenaga pada waktu bekerja. Selain itu olahraga juga mampu meningkatkan daya konsenstrasi kita dalam bekerja. Sangat direkomendasikan untuk melakukan joging hari minggu ketika libur, dan push up dalam rumah.
Ingat meskipun bekerja juga bisa dikatakan berolahraga karena juga menggerakan organ tubuh, tetap berbeda dengan olahraga sendiri pada waktu hari libur. Karena pada waktu berolahraga tersebut kita sedang tidak dibebani dengan pikiran atau beban kerja sehingga tubuh dan pikiran akan menjadi lebih sehat.
Minum air putih
Minum air putih yang cukup sangat membantu kesehatan kita utamanya pada waktu lembur, karena air putih selain memberikan kita energi yang cukup juga sangat berguna untuk melakukan detoksifikasi alami sehingga tubuh akan terlindungi dari berbagai racun yang berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
Makanan bergizi
Makanan yang bergizi seperti buah-buahan sangat baik untuk menunjang kesehatan kita pada waktu lembur karena kandungan nutrisinya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga kita tidak mudah terserang penyakit karena kerja lembur.  Jeruk, semangka, brokoli dan berbagai sayuran hijau lainya sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jangan minum kopi secara berlebihan karena anda kerja lembur,karena kandungan kafein dalam kopi tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,