Kanker Mulut Berbagai Gejala Dan Penyebabnya

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia ini, penderita kanker sendiri dari hari ke hari semakin bertambah demikian pula dengan korban yang meninggal akibat dari serangan kanker. Kanker sendiri memiliki banyak sekali jenisnya terutama terkait bagian organ yang terkena kanker. Salah satu jenis kanker yang berbahaya adalah kanker mulut.
Kanker mulut sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang mulut, baik itu gusi, dinding mulut, lidah, bibir, langi-langit atau mungkin bagian dasar mulut di bawa hlidah cukup menyeramkan bukan?
bisa dibayangkan bagaiman mulut yang terkena kanker mulut. Kanker mulut sendiri lebih disebabkan oleh adanya mutasi DNA pada bagian mulut sehingga akan menimbulkan atau membentuk tumor. Di dunia sendiri jumlah penderita kanker mulut semakin bertambah dari hari ke hari, untuk itu sangat diperlukan kewaspadaan terhadap penyakit yang satu ini.
Kanker mulut sendiri memiliki banyak gejala atau tanda-tanda yang bisa kita identifikasi dan sangat penting sekali bagi kita untuk mengetahui gejala tersebut guna penanganan yang lebih dini. Beberapa gejala dari kanker mulut seperti  berikut ini.
Bisu
bisul pada mulut yang tidak lekas sembuh merupakan salah satu gejala yang sangat kuat untuk menderita kanker mulut. Karena kemungkinan bisul tersebut adalah tonjolan tumor. Tentu sangat berbeda dengan bisul biasa yang ada di mulut karena bisul biasa pada mulut bisa sembuh secara alami beberapa hari.
Gigi tanggal
Gigi tanggal terutama pada usia dewasa merupakan gejala kanker mulut, gigi tanggal yang dimaksud tiba-tiba gigi copot padahal gigi dalam kondisi yang sehat tidak berlubang. Hal ini dikarenakan mutasi DNA pada mulut menyebabkan akar gigi menjadi tidak kuat sehingga kemungkinan gigi mudah copot.
Nyeri pada lidah
Mutasi DNA yang berujung pada tumor pada lidah akan menyebabkan lidah terasa sakit dan nyeri yang juga tidak kunjung sembuh.
Susunan gigi jadi tidak rata
Gangguan pada kanker tumor pada gusi dan gigi akan menyebabkan gigi tiba-tiba tidak rata karena akar gigi tidak kuat seperti biasanya.
Sakit pada tenggorokan yang berkepanjangan
Sakit pada tenggoroka yang tidak sembuh sembuh bisa jadi disebabkan oleh adanya kanker pada bagian tenggorokan. Hal ini tentu saja akan membuat kita sulit menelan makanan dengan baik.
Nyeri pada rahang
Beberapa penderita kanker mulut merasakan nyeri dan sakit pada bagian rahang, hal dimungkinkan dinding bagian dalam mulut terkena kanker mulut sehingga berakibat langsung pada rahang yang sakit.
Penyebab kanker mulut
Penyebab kanker mulut sangat banyak sekali, umumnya kanker mulut terkait dengan mutasi DNA pada mulut sehingga mutasi sel inilah yang nantinya akan berkembang menjadi tumor atau kanker mulut. Jika tidak segera diobati kanker mulut sangat berbahaya karena akan menyebar ke bagian tubuh yang lainya seperti bagian kepala dan leher yang sangat dekat dengan organ mulut.
Beberapa penyebab dari kanker mulut yang sangat penting untuk dihindari adalah merokok, minum alkohol, dan sinar UV umunya penyebab-penyebab ini dikarenakan serangan radikal bebas yang sangat berbahaya. Namun demikian ada juga kanker mulut yang disebabkan oleh hal yang lain seperti virus HV. Memiliki pengalaman menderita kanker juga memiliki resiko yang sangat tinggi untuk menderita kanker hal ini terkait dengan penyebaranya, seperti diketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang cepat sekali penyebaranya dan sangat sulit untuk disembuhkan.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,