Penyebab Flu Babi Gejala dan Pencegahanya

Flu babi dikenal dengan flu H1N1 hal ini dikarenakan flu babi disebabkan oleh virus H1N1 yang penyebaranya melalui udara mirip dengan influensa atau flu biasa itu kenapa flu babi cepat sekali menyebar karena medium penyebabaranya cukup melalui udara.
Flu babi sendiri awalnya memang ditularkan oleh babi terhadap manusia, pertama kali orang terjangkiti flu babi adalah orang yang bekerja di peternakan babi. Jadi orang yang terkena flu babi bukan orang yang memakan babi namun orang yang berinteraksi dengan babi terkai dengan penularanya melalui udara.
Flu babi sendiri dengan cepat menyebar ke seluruh dunia karena mudah menyebar lewat udara, flu babi bahkan dijadikan sebagai epidemik nasional di hongkong beberapa waktu yang lalu, sehingga banyak orang yang sangat dianjurkan untuk mengenakan masker penutup mulut dan hidung untuk menghindari flu babi..
Di Indonesia sendiri relatif aman terhadap penyebaran dari flu babi karena babi sendiri bukan sumber makanan yang populer di Indonesia setidaknya bila dibandingkan dengan binatang yang lainya. sehingga jumlah peternakan babi di Indonesia relatif sedikit. Walaupun demikian flu babi tidak bisa dianggap enteng mengingat berbahayanya penyakit ini sehingga sudah memakan banyak korban bahkan sampai meninggal.
Gejala
Sebagaimana penyakit yang lainya, orang yang menderita flu babi juga memiliki gejala-gejala tertentu. Berbagai gejala orang yang menderita flu babi hampir mirip dengan orang menderita flu biasa, penderita flu babi biasanya akan mengalami deman, batuk, radang tenggorokan, mudah lelah, diare ,muntah dan tidak enak badan. Dibandingkan dengan flu biasa, flu babi biasanya berlangsung lebih lama setidaknya selama satu minggu waktu yang diperlukan untuk sembuh.
Penyebab
Penyebab utama dari flu babi tentu saja adalah virus H1N1 yang menyebar melalui udara. Virus ini akan menginfeksi tubuh dengan masuk melalui hidung dan menginfeksi lapisan sel hidung sehingga dengan cepat akan menyebar ke tenggorokan dan paru-paru yang tidak lain adalah organ penting dalam sistem pernapasan kita. Untuk itu tidak heran kalau orang menderita flu burung tenggorokanya akan terasa sakit.  Selain menginfkesi organ-organ tersebut viru H1N1 juga menginfeksi mulu dan sampai ke mata.
Adalah interaksi dengan babi menjadi salah satu penyebab penyebaran flu babi karena virus H1N1 terdapat pada babi yang tidak sehat, kebanyakan penyebaran terhadap pekerja peternakan ini terkait dengan kebersihan dari peternakan yang buruk sehingga menimbulkan munculnya virus H1N1. Interaksi dengan penderita flu babi secara langsung juga dapat menjadi penyebab dari flu babi, banyak juga pekerja medis yang menangani penderita flu babi yang juga terinfeksi flu babi hal ini karena betapa mudahnya penyebaran flu babi melalui udara.
Pencegahanya
Walaupun belum diketahui adanya penderita flu babi di Indonesia sangat penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan agar kita terhindar dari penyakit ini. Penggunaan vaksin anti flubabi sanga direkomendasikan. Membatasi interaksi secara langsung dengan penderita flu babi adalah keharusan, kalau memang tidak bisa dihindari alangkah baiknya untuk mengenakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari infeksi virus H1N1 karena penyebaranya sendiri melalui udaran. Selalu jaga kebersihan tubuh, tangan dan kaki kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,