Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur sehat merupakan salah satu syarat utama untuk mendapat kondisi kesehatan yang baik, terutama bagi mereka yang bekerja aktif sehari penuh. Dengan tidur yang sehat maka prodiktivitas dalam bekerja pun akan sangat terbantu, dalam berbagai penelitian terhadap orang yang memilik tingkat produktivitas tinggi ternyata mereka adalah orang-orang yang memiliki kualitas tidur yang sangat baik dibandingkan dengan meraka yang memiliki kualitas tidur yang rendah.
Kualitas tidur yang baik juga berperan penting bagi kesehatan tubuh, orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk memiliki tingkat resiko terkena penyakit berbahaya lebih tinggi bila dibandingkan dengan lainya. kualitas tidur yang buruk akan meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke juga dapat menyebabkan berbagai gangguan mental seperti stres dan depresi. seringkali banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan yang kita konsumsi dapat menyebabkan kita menjadi sulit tidur sehingga kualitas tidur kita menjadi sangat buruk.
Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus kita hindari demi mendapatkan kualits tidur yang baik.
Pedas
Dalam suatu penelitian ternyata makanan yang memiliki citarasa pedas dapat menyebabkan kualitas tidur yang menurun karena makanan pedas dapat mennyebabkan gangguan pada metabolisme, padahal tidur merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengistirahatkan sistem metabolisme tubuh kita salah satu dampaknya adalah membuat kita menjadi sering bangun malam sehingga mengurangi jam tidur kita.
Kopi
Kopi memiliki kandungan senyawa kafein yang sangat tinggi, kandungan kafei pada kopi inilah yang menyebabkan sistem saraf kita untuk selalu terjaga dan sulit tidur. Minum kopi secara rutin juga dapat menyebabkan penyakit insomnia yaitu penyakit sulit tidur. Bagi anda yang memang penggemar minuma kopi, alangkah baiknya untuk hanya minum kopi pada waktu akan bekerja saja, karenan minum kopi pada saat akan bekerja menurut penelitian mampu meningkatkan produktivitas kerja dan menjaga mood pada saat bekerja.
Cokelat
Coklat menjadi salah satu bahan makanan yang dapat membuatu kita sulit untuk tidur. Hal ini dikarenakan coklat memiliki kandungan senyawa theobromine, theobromine sendiri dapat membuat detaka jantung kita semakin kencang sehingga akan membuat kita sulit tidur karena gelisah dalam jangka waktu terntentu coklat juga bisa menimbulkan isnomnia.
Alkohol
Minuman beralkohol sangat tidak baik bagi kualitas tidur kita. karena minuman beralkohol akan berdampat dan menimbulkan insomnia. Alkohol sendiri merupakan suatu senyawa yang dapat meningkatkan detak jantung kita sehingga akan membuat kita selalu gelisah dan sulit tidur, alkohol juga akan membuat jaring saraf kita selalu terjaga dan sulit untuk tidur.
Lemak
Makan makanan berlemak sebelum tidur merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengganggu kita untuk tidur. Hal dikarenakan lemak sangat sulit untuk dicerna dalam sistem metabolisme kita, sehingga membuat organ metabolisme kita menjadi bekerja dengan keras padahal tidur merupakan salah satu waktu yang sangat tepat untuk mengistirahatkan sistem metabolime kita.
Itulah beberapa makanan yang harus anda hindari agar anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dengan kualitas tidur yang baik maka anda dapat menjaga kesehatan anda. Beberapa bahan makanan juga ada yang bermanfaat untuk menunjang kualitas tidur kita seperti pisang yang merupakan buah bermanfaat untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas tidur kita, dan jangan lupa untuk selalu berolahraga tiap harinya.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,