Buah dengan kandungan zat besi yang tinggi

Zat besi merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kesehatan kita. Zat besi merupakan salah satu mineral yang sangat penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh kita. Hemoglobin sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam darah kita, hemoglobin dapat ditemukan dalam darah kita, hemoglobinlah yang membuat warna dari darah kita menjadi merah. Kekurangan hemoglobin sendiri berakibat langsung pada kurangnya distribusi oksigen ke seluruh tubuh kita. Untuk itu orang yang kekurang hemoglobin sering merasa mudah lesu dan lelah. Untuk itu kita tidak bisa hidup tanpa zat besi.
Selain itu kekurangan zat besi juga akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainya seperti Perkembangan fisik dan mental lambat pada anak-anak, sistem kekebalan tubuh yang menurun, suhu tubuh yang tidak stabil, dan juga peradangan pada lidah.
Alam sendiri sudah menyediakan banyak sekali bahan makanan alami yang kaya akan zat besi sehingga kita dengan mudah mendapatkan kandungan nutrisi zat besi untuk menunjang kesehatan kita. Salah satu bahan makanan alami yang kaya akan zat besi adalah buah, beberapa buah yang mengandung nutrisi zat besi yang sangat tinggi diantaranya adalah semangka, kismis, kesemek, dan delima.
Zat besi sendiri sangat penting untuk menunjang kesehatan ibu hamil karena menunjang pertumbuhan otak dan mental dari janin, mengurangi rasa sakit pada proses mentruasi, pertumbuhan anak-anak, serta membantu pemulihan akibat sakit.
Berikut ini adalah beberapa buah yang menandung banyak sekali zat besi beserta penjelasanya.

Kesemek
Kesemek merukan buah yang bentuknya menyerupai tomat, kesemek memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi sekali sehingga sangat berguna untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah kita. Selain itu buah kesemek juga sangat berguna untuk menunjang berbagai kesehatan kita karena memiliki kandungan nutrisi lainya yang sangat tinggi seperti antioksidan, dan vitamin C sehingga sangat efektif untuk melindungi tubuh kita dari seranga berbagai macam penyakit seperti  jantung dan kanker. Untuk itu kesemek sangat baik dijadikan sebagai makanan penutup dalam menu makanan sehat kita.
Tomat
Tomat merupakan salah satu jenis buah yang populer di masyarakat kita, karena tomat sering dijadikan sebagai bahan baku resep makanan kita. Tomat memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi sekali, tercata dalam 100mg buah tomat kering terdapat 9,1 mg zat besi. Sehingga memberikan asupan yang cukup bagi kita untuk memenuhi kebutuhan kita akan zat besi.
Tomat dapat dimakan secara mentah atau direbus terlebih dahulu, namun alangkah baiknya untuk dimakan secara mentah karena kandungan nutrisi pada tomat tetap utuh. Selain memiliki kandungan nutrisi zat besi yang tinggi tomat juga memiliki kandungan nutrisi antioksidan likupin yang tinggi sangat berguna untuk menunjang kesehatan kulit kita mencegah kulit keriput dan menghindari penuaan dini.
Kismis
Kismis adalah buah yang kecil dan enak untuk dimakan, kismis sendiri masih satu family dengan buah strobery dan sejenisnya. Kismis termasuk dalam golong buah kering yang memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi sekali tercatat dalam setengah cangkir kismis terdapat 1.6 mg besi.
Semangka
Buah semangka merupakan buah bulat yang memiliki kandunga air mineral yang sangat tinggi. Semangkan kaya akan kandungan nutrisi seperti zat besi dan juga vitamin C. Kandunan vitamin C yang tinggi pada buah semangka sangat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan baik.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,