Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mencegah

Wajah anda berjerawat? jerawat sering menimbulkan rasa tidak percaya diri, hal ini sangat biasa terjadi pada wajah kita karena hampir semua orang pernah memiliki wajah yang berjerawat. Walaupun bisa sembuh seiring waktu, namun jerawat tidak bisa dianggap remeh karena dapat merusak penampilan dan membuat tidak percaya diri. Jerawat sendiri merupakan noda atau bintil pada wajah kita, bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari hormon sampai dengan kebersihan wajah yang tidak terjaga sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.
Hormon menjadi alasan yang paling kuat kenapa setiap orang pasti pernah berjerawat, karena manusia sendiri pasti mengalami pertumbuhan hormon pada usia remaja sehingga menimbulkan jerawat. Meskipun demikian tidak hanya perubahan hormon karena pertumbuhan saja yang dapat menyebabkan jerawat. Beberapa perubahan hormon karena kehamilan, menstruasi atau karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan jerawat.
Gejala
Kita dapat dengan mudah mengenali gejala jerawat karena jerawat terlihat pasti pada wajah, namun demikian tidak semua jerawat berada atau tumbuh pada wajah kita semata namun juga pada daerah bagian yang lainya seperti leher, dada, punggun, bahu dan lain-lain. jerawat sendiri tidak hanya berbentuk bintil namun juga bisa berbentu komedo, komedo sendiri merupakan noda pada kulit yang disebabkan oleh pori-pori kulit yang tertutup karena minyak dan sel kulit mati sehingga terlihat bernoda.
Jerawat juga ada yang berbentuk papula dimana papula merupakan noda pada kulit yang membuat kulit berwarna kemerah-merahan hal ini dikarenakan oleh peradangan dan infeksi pori-pori kulit oleh bakteri. Selain itu jerawat juga bisa berbentu Postules dimana terdapat bintil-bintil pada kulit yang di ujungnya terdapat nanah, Postules sendiri merupakan salah satu bentuk dari jerawat yang paling sering dialami oleh banyak orang.
Nodules merupakan salah satu bentuk dari jerawat yang paling sering dialami oleh banyak orang. Nodules sendiri dikenal dengan nama jerawat batu dimana terdapat benjolan yang kerasa dan besar di bawah permukaan kulit dan membuat kulit jadi terasa sakit. Jerawat batu sendiri menurut penelitian disebabkan oleh tumpukan keringan dan saluran minyak yang tersumbat pada kulit.
Penyebab Jerawat
Berbagai penyebab dapat menyebabkan jerawat, penyebab kulit berjerawat sendiri adalah produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati, iritasi pori-pori dan infeksi bakteri pada kulit. salurang minyak dibawah kulit dapat menyebabkan sel kulit menjadi mati dan pada akhirnya akan menyebabkan tonjolan-tonjolan pada kulit seperti komedo. Tersumbatnya pori-pori atau pori yang teriritasi akan menyebabkan keringat dan minyak akan teredap dan mengumpul pada bagian bawah permukaan kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat seperti jerawat batu.
Perubahan hormon juga dapat menimbulkan jerawat karena perubahan hormon menyebabk salah satunya produksi minyak yang berlebih pada kulit. dari berbagai penjelasan penyebab dari jerawat bisa dipastikan bahwa jerawat bukan disebabkan oleh kotoran, namun demikian membersihkan wajah sangat penting bagi kulit untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati penyebab jerawat.
Mencegah Munculnya jerawat
Jerawat sendiri bisa hilang secara alami namun demikian sangat penting bagi kita untuk mencegah jerawat dengan membersihkan wajah secara rutin untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati pada kulit kita. Mengkonsumsi sejumlah buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi terutama vitamin C, vitamin E dan antioksidan seperti jeruk dan teh hijau karena nutrisi tersebut menjaga kesehatan kulit kita.
Penting untuk diperhatikan ketika mengalami jerawat jangan pernah untuk mencoba-coba memencetnya hingga pecah karena hal tersebut akan menimbulkan luka pada kulit dan meninggalkan noda hitam yang sulit untuk dihilangkan.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,