Bagaimana Probiotik Bisa Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita?

Meskipun kita pernah meminumnya namun tidak banyak yang tahu apa itu minuman probiotik. Padahal probiotik sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang sangat penting sekali untuk menunjang dan menjaga kesehatan kita. Probiotik sendiri merupakan jenis makanan atau minuman yang diproses menggunakan strain bakteri tertentu. Strain bakteri inilah yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita secara alami. Kita bisa menadapati berbagai macam probiotik seperti yoghurt atau minuman fermentasi lainya, tape atau peyem juga salah satu jenis makanan probiotik karena menggunakan fermentasi dengan strain bakteri tertentu dalam prosesnya.
Probiotik sangat berguna untuk menjaga keasaman pada perut kita, menjaga pH rendah dalam perut kita sehingga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakter jahat dalam perut kita seperti candida. Disamping itu probiotik sangat berguna bagi kita untuk merangsang pencernaan laktosa hal ini tentu sangat membantu terutama bagi yang tidak toleran dengan laktosa.

Kebutuhan kita sehari hari
Probiotik dapat dimasukan dalam kategori bahan makanan yang sangat kita butuhkan tiap harinya. Karena probiotik sangat berguna untuk menjaga keseimbangan usus kita disamping itu probioti sangat berguna untuk menjaga kesehatan saluran mulut kita dan tenggorakan kita. Probiotik tidak hanya merupakan fermentasi susu saja namun bisa juga dari fermentasi sayur, oatmeal, asparagus jadi kita memiliki banyak sekali pilihan untuk mendapatkan nutrisi probiotik ini.
Melindungi tubuh dari bakteri jahat
Probiotik sebenarnya sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari berbagai serangan bakteri jahat yang memberikan dampak negatif bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan oleh proses fermentasi dari strain bakteri yang menghasilkan hidrogen peroksida sehingga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan dan pembelaha berbagai bakteri jahat pada tubuh kita seperti candida dan streptococcus.
Hidrogen peroksida terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat karena menyerap dan mengambil berbagai makanan dan nutrisi bagi bakteri jahat sehingga pada akhirnya bakteri jahat dalam tubuh kita akan mati. Disamping itu probiotik juga mampu melindungi lapisan usus karena menghasilkan zat antiseptik.
Kalau kita sering mendapati iklan di televisi tentang minuman probiotik dimana mampu menunjang kesehatan kita dengan membunuh berbagai macam bakteri jahat dalam tubuh, tentu itu tidak salah. Karena manfaat dari minuman probiotik untuk menjaga kesehatan usus kita. Dengan mengkonsumsi bahan makanan dan minuma probiotik makan kita akan terhindari dari berbagai masalah atau gangguan pencernaan karena dalam sistem pencernaan usus merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan kita. Kita dapat menghindari berbagai macam gangguan pencernaan seperti mual dan sembelit.
Dengan menunjang fungsi sistem pencernaan maka secara tidak langsung probiotik juga akan melindungi kita dari berbagai macam penyakit berbahaya lainya seperti tekanan darah tinggi, jantung dan kanker.  Dalam suatu penelitian probiotik juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita secara signifikan sehingga dapat menurunkan berat badan kita dan menghindarkan kita dari obesitas atau kegemukan.
Probiotik dalam menu sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dengan mengkombinasinya dengan probiotik tentu akan memberikan dampat yang sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan kita. Probiotik sangat baik bila dikombinasikan dengan bahan makanan seperti pisang, bawang, tomat, dan madu karena bahan makanan ini sangat menunjang pertumbuhan bakteri probiotik dengan baik juga meningkatkan fungsi dari probiotik menjadi lebih optimal. Dan yang lebih penting menu sehat ini sangat membantu kesehatan kita secara alami karena menggunakan baham makanan alami tanpa suplemen apapun.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,