Mengenali Stres Dan Depresi Untuk Menunjang Kesehatan Kita

Pola hidup seringkali memperngaruhi kesehatan manusi, dengan pola hidup saat ini yang lebih modern menyebabkan timbulnya stres atau depresi yang berujung pada timbulnya berbagai penyakit. Maka jangan heran kalau kita mendapati banyak sekali orang yang sakit atau mengidap penyakit tertentu padahal orang tersebut memilki pola makan yang sehat dan juga rajin berolahraga, untuk saat ini pendekatan kesehatan moderen tidak hanya menempatkan makanan, atau olanraga ta yang berhubungan dengan fisik melainkan juga menempatkan hal-hal yang berhubungan dengan aspek psikologis sebagai salah satu faktor utama.

Dalam satu  penelitian depresi dapat menyebabkan respon langsung seperti jantung berdetak lebih cepat hormon andrenalin berubah cepat juga kontraksi otot yang berubah, pada akhirnya akan berujung pada timbulnya penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung adalah respon dan stamina yang memegang peranan penting dalam menghadapi stres.
 Dalam satu penelitian didapatkan bahwa ternyata pria memiliki stamina dan respon yang lebih baik dibandingkan dengan pria. Wanita dibandingkan dengan pria memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi sehingga lebih mungkin terserang penyakit jantung, karena cemas membuat menurunya aliran darah ke jantung, aliran jantung inilah yang akan menyebabkan penyakit jantung. Itu kenapa banyak yang bilang kalau wanita itu lebih sensitif bukan?
Kita dapat mendeteksi dengan baik petanda-petanda kita sedang stres dari akibat awal yang dideteksi
Kosentrasi
Mudah kehilangan kosentrasi juga merupakan salah satu indikator kita sedang stres, perasaan cemas merupakan perasaan negatif yang menyebabkan kita sulit sekali kosentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

Makanan Dan Minuman Yang Baik Dan Buruk Bagi Kesehatan Tulang Kita

Makanan merupakan faktor penting bagi kesehatan kita, makanan memiliki dampak yang besar sekali untuk kesehatan seluruh organ tubuh dan juga sebaliknya sebagian besar masalah pada organ tubuh  baik karena gangguan fungsi organ atau karena serangan penyakit tertentu lebih banyak disebabkan oleh makanan, bahkan dalam satu penelitian didapatkan bahwa makanan memiliki kontribusi 90 persen pada kesehatan kita. Jadi jangan remehkan makanan karena kondisi kesehatan merupakan cerminan pola makan kita.
Saat ini banyak sekali beredar makanan olahan di pasar, sehingga tak jarang kita mengkonsumsi yang tidak  baik bagi kesehatan. Salah satu organ yang penting bagi kita adalah tulang, tulang merupakan organ  penyangga tubuh kita. Tulang juga sama dengan organ yang lain memerlukan perawatan sehingga akan terhindar dari segala gangguan, salah satu gangguan tulang yang saat ini populer adalah osteoporosis atau dikenal dengan tulang keropos dimana kepadatan tulang jauh berkurang, dan produksi cairan kolagen berkurang. Tulang keropos dapat menyebabkan sakit tulang atau nyeri tulang , jika jatuh akan berpeluang untuk cacat lebih besar.
Tulang sama dengan organ tubuh yang lainya dimana membutuhkan nutrisi dan vitamin, untuk menjaga tulang dan membuat tulang lebih padat perlu vitamin K dan kalsium. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat baik  untuk kesehatan tulang kita.

Mengenal Serat Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Kita

Kita pasti sering membaca serat dari berbagi artikel tentang kesehatan termasuk pada blog ini, serat sendiri merupakan kandungan nutrisi pada berbagai sayurang dan buah-buah. Serat memiliki banyak sekali  jenis nya dan serat merupakan nutrisi yang membantu menunjang kesehatan, dari mengoptimalkan fungsi organ sampai dengan juga membantu proses dalam tubuh seperti proses metabolisme, dengan demikian serat juga membantu kita untuk menghindari berbagai macam serangan jenis penyakit.
Saat ini serat menjadi populer karena menjadi bagian dari berbagai program diet, dimana hampir semua program diet selalu menyertakan makanan yang memilki kandunga serat yang tinggi sebagai menu harian. Yan menjadi pertanyaan kenapa serat sangat penting bagi kesehatan, kenapa hampir semua makanan sehat dikatakan makanan sehat karena mengandung kandungan serat? Berikut ini beberapa penjelasan mengapa serat penting bagi kesehatan.
Serat sangat baik bagi usus
Serat dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi usus kita, hal ini dikarenakan serat membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada di usus kita, untuk diketahui di dalam tubuh kita hidup jutaan sampai trilyunan bakteri baik yang membantu semua proses dalam tubuh. Serat dapat berguna sebagai bahan makanan bagi bakteri baik dalam usus, karena bakteri baik dalam usus juga membutuhkan makanan bagi pertumbuhanya dan untuk diubah menjadi energi.
Bakteri baik dalam usus memiliki banya sekali manfaat bagi tubuh, menunjang kesehatan tubuh. Bakteri baik dalam usus merupakan kunci untuk menghindari obesitas karena bakteri baik dalam tubuh menghancurkan kolesterol jahat (LDL) serta menghancurkan penumpukan lemak secara berlebih. Bakteri baik usus juga sangat bermanfaat untuk menyerap berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Maka tidak heran kalau makanan yang mengandung serat tinggi menjadi bahan makanan wajib dalam setiap program diet. Dengan manurunkan kolesterol dan menghancurkan lemak maka secara otomatis serat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung, kanker dan tekanan darah tinggi.
Selain itu bakteri baik dalam usus juga berguna untuk menghindari peradangan usus serta melindungi sel-sel usus dan membantu memperbaiki sel-sel usus yang rusak.  Peradangan sendiri pada usus sangat berabahaya karena dapat menimbulkan berbagai penyakit karena terganggunya proses metabolisme tubuh.

5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Cuka apel merupakan produk turunan dari sari apel yang difermentasi, cuka apel walaupun rasanya asam namun sangat digemari oleh masyarakat kita karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Cuka apel sudah bisa didapatkan di berbagai toko swalayan, baik produk dari dalam negeri maupun luar negeri, cuka apel dari dalam negeri kebanyakan berasal dari malang, mengingat kita malang sendiri merupakan kota yang dikenal sebagai penghasil buah apel.
Dari sisi citarasa cuka apel dari dalam negeri dan luar negeri juga memiliki perbedaan, produk dalam negeri memiliki rasa yang sangat asam dibandingkan dengan cuka apel dari luar negeri. Berikut ini adalah bebarapa mafaat dari cuka apel untuk menunjang kesehatan kita.
Mencegah diabetes
Cuka apel sangat berguna untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2, cuka apel meningkatkan sensivitas atau membantu tubuh untuk menyerap kandungan insulin pada makanan sehingga dapat menurunkan potensi resiko penyakit diabetes. Untuk diketahui pengidap diabetes tipe 2 adalah mereka yang kekurangan hormon insulin biasanya disebabkan kurang optimalnya sel tubuh untuk menyerap hormon insulin.
Sebagai tips sangat dianjurkan untuk minum cuka apel sebelum tidur karena dapat membantu metabolisme untuk menyerap hormon insulin dengan maksimal.

Ternyata Musik Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita

Musik merupakan bahasa universal yang disukai oleh segala usia dari usia anak-anak sampai denga usia kakek-kakek. Dengan musik hidup terasa lebih menyenangkan, musik sendiri merupakan perwujudan dari cita rasa seni dari manusia. dimanapun berada kita pasti senang mendengarkan musik, di televisi apapun acaranya tentu akan terasa hambar kalau tidak ada musik.
Dalam banyak sekali penelitian ternyata musik memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan kita, karena musik memiliki pengaruh langsung terhadap psikologi dan jiwa kita, dimana dalam dunia kesehatan modern saat ini jiwa tidak bisa dilepaskan dari kesehatan. Berikut beberapa penjelasan manfaat musik bagi kesehatan kita.
Musik dapat membantu kita tidur
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan ternyata sangat berguna untuk membantu kita tidur lebih cepat dan pulas, hal ini dikarenakan musik membawa otak kita ke alam bawah sadar lebih cepat. Musik mampu membuat gelombang otak menjadi lebih tenang sehingga sangat cocok untuk tidur, dengan demikian musik menghindarkan kita dari penyakit insomnia yaitu penyakit sulit tidur.
Untuk sekedar diketahui bahwa sulit tidur dapat menyebabkan depresi, yang pada nantinya akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung. Sulit tidur juga akan mempengaruhi sel tubuh kita, karena pada kondisi tidurlah semua organ tubuh kita termasuk organ metabolisme kita mendapatkan istirahat berguna untuk perbaikan sel-sel yang rusak.
 Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa orang yang kurang tidur akan memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan merekan yang cukup tidurnya. Ingat kurang tidur lebih dapat menyebabkan kematian dibandingkan dengan kurang makan, tidak tidur 2-3 hari berturu-turut dapat menyebabkan kematian seperti pada berita kematian seorang copy writer kemarin.

Meningkatkan Daya Ingat Dengan Mudah Dan Alami

Dengan bertambahanya usia maka akan diikuti dengan berbagai dampak penurunan berbagai fungsi sel pada tubuh kita, salah satunya adalah sel otak kita. Salah satu gejala penurunan fungsi sel otak kita adalah menurunya daya ingat kita. Memang tidak semata dikarenakan oleh usia kita, bisa juga dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok yang memiliki dampak negatif bagi otak kita juga makan makanan instan seperti mie instan atau junk food lainya yang menandung banyak sekali radikal bebas yang sangat tidak baik bagi sel otak.
Perkembangan teknologi yang semakin modern juga memiliki kontribusi untuk menurunkan fungsi sel otak yang berujung pada menurunya daya ingat. Dengan banyak nya berinteraksi dengan tablet, smartphone, laptop akan membawa kelelahan mental pada sel otak kita, sehingga dalam jangka waktu akan membuat daya ingat kita akan menurun. Bayangkan saat ini siapa coba yang bisa hidup tanpa smartphone, layar smartphone selalu dilihat walaupun itu hanya sekedar ingin tahu status dari teman facebook kita. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya game android yang bermunculan setiap harinya.
Studi terbaru menempatkan perkembangan teknologi sebagai penyebab paling utama penurunan daya ingat dibandingkan dengan gaya hidup tidak sehat atau makanan yang tidak sehat, untuk itu kita harus bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi, ingat teknologi itu diciptakan untuk membantu kita menjadi lebih baik bukan sebaliknya. Perlunya beberapa tips untuk menghindari penurunan daya ingat dan juga meningkatkan daya ingat, berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat atau memori otak anda.
Selau penasaran
Pada suatu penelitian disebutkan bahwa orang yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap segala sesuatu memiliki daya ingat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki rasa penasaran. Rasa penasaran dapat terjadi pada banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari mulai dari pelajaran sekolah, maupun dalam rumah kita. Rasa penasaran akan membuat kita melakukan banyak hal dan juga segala hal agar rasa penasaran kita menjadi hilang.
Pada satu penelitian menunjukkan rasa penasaran membuat sel otak lebih aktif, terutama hippocampus yang merupakan sel otak yang berhubungan dengan memori atau daya ingat. Pada orang yang memiliki rasa penasaran sel hippocampus terlihat tidak terlalu aktif. Akibat dari kurang aktifnya hippocampus adalah mudah lupa atau pikun.
Mengingat kata
Latihan mengingat kosakata baru juga sangat berguna untuk meningkatkan memori otak kita, dengan mengingat kosakata baru maka akan semakin banyak sel otak kita yang aktif. Dengan demikian menghafal kosakata baru akan meningkatkan daya ingat kita.
Selalu bahagia
Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa otak lebih lebih lama menyimpan memori atau pengalaman yang menyenangkan dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman yang tidak menyenangkan. Dengan selalu bahagia atau paling tidak menanggapi segala sesuatu secara positif akan membuat hippocampus lebih aktif dan pada akhirnya akan meningkatkan daya ingat kita.
Itu kenapa kita lebih bisa menyimpan memori atau pengalaman yang menyenangkan dibandinakan dengan pengalaman buruk. Namun kuncinya disini adalah cara kita menyikapi keadaan karena kadan seringkali kita memiliki pengalam yang tidak menyenangkan, dengan berpikir positif kita mampu meningkatkan daya ingat kita dengan baik.
Olahraga

Menerapkan gaya hidup dengan berolahraga sangat menunjang untuk meningkatkan daya ingat kita, olahraga setidaknya 20 menit tiap harinya akan membuat otak menjadi segar tidak suntuk sehingga membantu kita untuk mengingat sesuatu. Makan makanan bernutrisi juga sangat membantu seperti sayuran brokoli dan apel.

6 Manfaat Buah Jeruk Lemon Yang Memiliki Rasa Kecut Bagi Kesehatan

Jeruk lemon merupakan buah yang sering dijadikan sebagai minuman jus atau es, pastinya pernah minum es lemon tea kan, atau es jeruk lemon yang kebanyakan menjadi hidangan minuman utama. Sari jeruk lemon didapatkan dengan memeras buag jeruk lemon kemudian ditambahkan dengan air tambah gula dan es, dan jadilah es jeruk lemon yang enak. Kebanyakan orang sangat menyukai es jeruk lemon namun sedikit yang mengetahui bahwa dibalik rasanya yang kecut, jeruk lemon memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, jeruk lemon sangat efektif untuk menunjang berbagai oragan tubuh kita, seperti hati, kulit, dan usus bahkan sampai otak menarik bukan. jeruk lemon juga sangat efektif untuk melindungi kita dari serangan berbagai macam penyakit seperti kanker dan peradangan. Jeruk lemon juga memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang tinggi seperti vitamin C, asam sitrat, flavonoid, vitamin B kompleks, kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan serat.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jeruk lemon yang coba saya jabarkan, yang kemungkinan akan membuat anda lebih tertarik untuk mengkonsumsi minuman jeruk lemon atau sebagai penyedap makanan, jeruk lemon enak juga loh dijadikan sebagai bahan tambahan pada makanan.
Melindungi usus
Jeruk lemon sangat bagus untuk membantu kesehatan dari usus, karena jeruk lemon memiliki rasa pahit yang berguna untuk memompa gerak dari perut, sehingga perut menjadi teratur akibatnya dapat membuang kotoran-kotoran berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit bagi tubuh dan juga mengganggu fungsi optimal beerbagai organ dalam perut seperti usus dan lambung.
Anti kanker
Benar sekali buah jeruk yang memiliki rasa kecut sekali itu sangat efektif untuk mencegah kanker. Buah jeruk memiliki kandungan banyak sekali yang berguna untuk mencegah penyakit kanker seperti flavonol glikosida, minyak lemonene berfungsi untuk manghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah pembelahan sel kanker. Dalam satu penelitian disebutkan tidak hanya mencegah penyakit kanker namun juga menghambat pertumbuhan dari tumor jahat, bahkan dalam penelitian tersebut tercatat 20 lebih senyawa baik pada buah jeruk lemon yang efektif untuk mencegah kanker.
Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah jeruk lemon sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga terhindar dari serangan penyakit seperti flu dan pilek yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dari luar. Adalah kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi berperan penting untuk mencegah serangan penyakit seperti pilek dan flu.
Lemon juga memiliki kandungan limonoid terpene yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai virus yang berbahaya bagi tubuh.
Menurunkan resiko gangguan mata
Pada satu penelitian disebutkan ternyata buah jeruk lemon sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata dengan menurunkan resiko gangguan mata seperti makula, rabun dan retinopati diabetik.
Menjaga kesehatan kulit
Kandunga vitamin C yang tinggi pada buah jeruk lemon membuat lemon sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kulit agar tetap elastis dan melindungi kulit dari berbagai serangan radikal bebas yang berasal dari lingkungan yang kotor. Lemon juga efektif untuk menghambat penuaan dini, karena mencegah keriput pada kulit sehingga kulit akan terlihat tetap halus, kencang dan terlihat muda.
Melindungi otak dan jaringan saraf
Pada satu penelitian mengkonsumsi jeruk lemon ternyata efektif untuk menurunkan berbagai gejala serangan terhadap otak dan saraf seperti parkinson dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi jeruk lemon. Hal ini disebabkan oleh kandungan phytonutrisi tangeretin pada kulit jeruk lemon. Bayankan bahkan kulit jeruk lemon pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.



Bayam Sayuran Yang Memiliki Manfaat Segudang Bagi Kesehatan Kita

Pernah makan bayam? Atau jangan-jangan anda adalah penggemar sayur bayam seperti saya. Bayam merupaka sayuran yang memiliki kandugan gizi yang sangat tinggi menjadi kegemaran dari masyarakat kita. Bayam menjadi sayuran favorit saya karena rasanya yang segar, dan teksturnya yang lunak. Bayam merupakan sayuran hijau tinggi nutrisi rendah kalori sehingga menunjang kesehatan tubuh, bayam memiliki kandunga vitamin A, K, D, E dan sejumlah mineral asam amino yang tinggi. Sehingga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti berguna untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, juga sangat efekti untuk melindungi kesehatan tulang kita.
Dilihat bebagai manfaat bayam makan jangan sekali-kali meremehkan sayuran bayam, berikut ini penjelasan beberapa manfaat lebih bayam bagi kesehatan kita.


Melindungi mata
Bayam memiliki Karotenoid yang berguna untuk menunjang kesehatan mata, Karotenoid dapat menurunkan resiko fungsi mata, katarak, degenerasi makula dan berbagai macam gangguan mata yang lainya. Sebagian besari gangguan mata seperti makula dan katarak lebih disebabkan oleh pertambahan usia sehingga menurunkan fungsi sel-sel mata.
Anti kanker
Bayam memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang sangat tinggi, sehingga dapat menurunkan resiko kanker, flavonoid berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh, juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus, bakteri inilah yang berguna untuk memecah tumpukan kolesterol dalam darah. Sehingga pada akhirnya juga dapat mencegah timbulnya kanker.
Pada satu penelitian didapatkan bahwa bayam dapat menurunkan dan melindungi tubuh dari kanker secara signifikan bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sayuran yang lainya seperti brokoli, kubis.
Kandungan mineral pada bayam juga berguna untuk menjaga keseimbangan asam pada tubuh (pH tubuh) berguna untuk menurunkan potens resiko obesitas  dan berbagai macam penyakit lainya.
Menjaga kesehatan tulang
Bayam memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan juga vitamin K yang tinggi berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Bayam menjaga produksi kolagen pada tulang sendi, menjaga kepadatan tulang sehingga akan terhindar dari osteoporosis. Bayam mampu mencegah gangguan tulang yang lain seperti rematik, mudah lelah. Makanya tak heran kalau ada film kartum Popeye dimana Popeye mendapatkan kekuatannya karena makan satu kaleng bayam, karena bayam sendiri berguna untuk menjaga tulang agar tetap kuat.
Membantu pencernaan
Bayam sangat bergunan untuk pencernaan kita, karena memiliki kandungan serat yang tinggi, berguna untuk membantu usus menyerapa nutrisi pada makanan yang dicerna, juga membantu pertumbuhan bakteri baik pada usus untuk memecah dan menghacurkan kolesterol jahat (LDL). Bakteri baik pada usus ini akan memiliki banyak sekali fungsi yang menunjang kesehatan kita seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko kanker, menurunkan resiko peenyakit jantung.
Dengan kandungan serat yang tinggi bayam dapat membantu metabolisme menjadi lebih lancar sehingga dapat menghindari peradangan karena dapat mencegah organ-organ penting tubuh bekerja lebih keras.
Demikianlah segdang manfaat bayam bagi kesehatan kita, tips untuk memilih bayam adalah pilihlah bayam organik, karena bayam organik dibudidayakan dengan cara organik, sama sekali tidak menggunakan pestisida atau zat kimia lainya.  Zat kimia atau pestisida dapat berbahaya pada kesehatan kita, pada jangkan panjang pestisida dapat menyebabkan kanker, dan yang pasti kandungan nutrisi terbaik dan alami ada pada sayuran bayam organik. Pilihlah sayuran bayam yang memiliki warna hijau sampai hijau tua, jangan pilih bayam yang berwarna hijau kekuningan, warna hijau pada bayam menunjukkan tinggi nya kandungan antioksidan pada bayam.


6 Makanan Yang Berguna untuk mengobati Jerawat Kamu

Kulit kamu timbul jerawat? Kamu tidak percaya diri karena jerawat? Jerawat merupakan masalah utama pada kulit yang sangat ditakuti oleh anak muda saat ini karena jerawat menyebabkan ketidak percayaan diri karena dianggap mengurangi penampilan. Jerawat merupakan peradangan kulit yang disebabkan oleh polusi, stres, sistem pencernaan yang buruk, ketidakseimbangan hormon, gula darah tinggi. Jerawat kebanyakan dialami oleh anak usia remaja lebih banyak disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.
Timbulanya jerawat terutaman pada wajah seringkali membuat bingung bagi seorang remaja, mencoba menghilangkan jerawat dengan berbagai macam obat kimia, sampai dengan menekan sendiri jerawat dengan jari tangan sehingga bukanya kulit bebas jerawat yang didapat namun kulit wajah menjadi lebih kusam karena bekas jerawat dan juga terlihat kotor. Pada jerawat pada usia remaja sangat wajar karena pertumbuhan hormon, dan bisa dihilangkan secara alamin dengan mudah, salah satunya adalah dengan makan makanan dan minuman yang berguna untuk menghilangkan jerawat, buat kamu yang memiliki jerawat pada wajah, jangan khawatir berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang berguna untuk menghilangkan jerawat kamu.
Mentimum
Mentimun memiliki kandungan mineral asam amino yang tinggi, antioksidan, vitamin C dan silika berguna untuk menunjang kesehatan kulit, mengkal berbagai serangan radika bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit seperti jerawat. Kandungan mineral yang tinggi juga berfungsi untuk membantu detoksifikasi kulit.

3 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit sangat penting sekali untuk menjaga penampilan mungkin menjaga penampilan adalah sesuatu yang remeh terutaman laki-laki karena itu banyak sekali kaaum laki-laki tidak begitu peduli denga kesehatan kulit mereka dibandingkan dengan perempuan tentu anggapan ini salah karena masalah kesehatan seperti kulit tidak mengenal gender atau jenis kelamin. Saat ini terjadi pergantian cuaca yang tidak menentu, sebentar hujan sebentar panas iklim sudah tidak sama lagi dengan jaman dulu. Dulu kita dengan  mudah akan menandai datangnya musim hujan dan musin kemarau. Jumlah polutan udara juga meningkat dari hari ke hari, dengan berdirinya banyak sekali industri maka secara tidak langsung berdampak pada kualitas udara yang semakin buruk.
Yang paling mudah terkena dampak dari polusi dan cuaca adalah kulit kita, itu karena kulit kita merupakan bagian dari tubuh kita paling luar, kulit meruakan bungkus dari tubuh kita, sehingga segala kotoran, bakter, radikal bebas dari polusi akan menyerang kulit kita terlebih dahulu. Untuk itu perlunya untuk menjaga kesehatan dari kulit kita, karena kulit kita merupakan aset yang paling penting. Dengan menjaga kesehatan kulit maka akan menghindarkan kita dari gejala penuaan dini dan peradangan kulit yang lainya.
Berikut ini adalah beberapa tips mudah menjaga dan melindungi kesehatan kulit kita.
Minum air putih
Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, terutama dalam hal ini kesehatan kulit kita. Minum air putih maka secara tidak langsung kita akan mengeluarkan berbagai racun radikal bebas berbahaya bagi kulit kita, air putih secara keseluruhan berguna untuk menunjang proses detoksifikasi tubuh. Secara sadar atau tidak sadar kita sendiri setiap harinya memasukan racun atau toksin berbahaya ke dalam tubuh yang dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan berbagai macam penyakit, atau bisa juga secara tidak langsung kita sudah terkena racun berbahaya karena lingkungan kita berpolusi sehingga mengandung radikal bebas yang menyerang kulit kita.
Untuk kesehatan kulit kita dengan air putih paling tidak kita harun mengkonsumsi 2-4 liter air putih tiap harinya. Minuman lainya yang berguna bagi kesehatan kulit kita adalah teh hijau, minum teh hijau sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi hari sebelum kerja dan malam hari sebelum tidur sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit kita. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi berguna untuk melindungi kulit dari berbagai serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat atau kulit keriput.
 Makan sayuran dan buah-buahan
Makan sayuran dan buah-buahan sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit karena sayuran dan buahan mengandung antioksidan tinggi berguna untuk mencegah serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan peradangan pada kulit. Buah seperti jeruk juga mengandung vitamin C dan E selain untuk menunjang sistem kekebalan tubuh juga berguna untuk menunjang kesehatan kulit dengan menjaga kulit agar tetap kencang dan elastis sehingga terlihat awet muda. Kandunga antioksidan pada sayur dan buah-buahan juga berguna untuk membantu proses regenerasi kulit dimana kulit yang tua dan mati akan digantikan dengan kulit yang masih muda dan sehat.
Rajin olahraga

Rajin olahraga juga sangat baik bagi kesehatan kulit tubuh, pada satu penelitian menunjukan bahwa orang yang rajin berolahraga cenderung memiliki kulit lebih awet mudah dibandingkan dengan mereka yang jarang olahraga. Olahraga juga akan menghindarkan kita dari stres, hindari rokok dan alkohol karena keduanya dapat menyebabkan kulit jadi tidak sehat.

Manfaat Yang Besar Dari Biji Bunga Matahari Yang Kecil Bentuknya Bagi Kesehatan

Bunga matahari memiliki biji yang sangat enak untuk dikonsumsi, banhkan saat ini malah sudah dijugal camilan atau snack biji bunga matahari di berbagai minimarket. Di masyarakat kita biji bunga matahari lebih dikenal dengan kuaci atau kwaci. Selain memiliki rasa yang enak kwaci atau biji bunga matahari sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan atau camilan. Biji bunga matahari memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan, biji bunga matahari memiliki kandungan magnesium, kalium dan juga vitamin E. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang tinggi biji bunga matahari memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Kandungan vitamin E pada bunga biji matahari berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas pada tubuh, kandungan magnesiu ada biji bunga matahari juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang kita. Manfaat lainya adalah menjaga kesehatan kulit kita dan masih banyak lagi khasiat biji bunga matahari.
Berikut ini beberapa manfaat atau khasiat dari biji bunga matahari bagi kesehatan kita.

Berbagai Manfaat Mandi Sauna Untuk Kesehatan Kita

Pernah mandir sauna? Sauna merupaka metode mandi menggunakan uap air menjadi tren akhir-akhir ini sauna banyak disukai oleh berbagai kalangan karena memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga menghilangkan lelah. Kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit membuat sauna sering dipakai oleh salon-salon kecantikan berbiaya mahal. Sauna sendiri sudah ada dari jaman dulu kala, mandi sauna sudah menjadi bagian tradisi dari mansyarakat jepang jaman dulu, sekitara tahun 400 an, kala itu banyak sekali sumber air panas dibuatkan ruang khusus yang didesain sedemikian rupa dimana pengunjung bisa bermandikan uap dari air.
Menghilankan depresi
Melakukan sauna akan terasa sangat nyaman menghilangkan stres dan lelah sehabis kerja, hal ini dikarenakan sauna menenangkan dan membuat hangat jaringan syaraf selain itu mandi sauna dapat mengurangi nyeri sendi yang diakibatkan oleh capek kerja. Pada satu penelitian dapat diketahui bahwa sauna dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala lainya.
Dengan sauna kita juga dapat menekan tingkat depresi kita karena sauna dapat membantu kita untuk cepat tidur dan menghindarkan kita dari penyakit insomnia, dengan tidur yang cukup akan membuat hidup kita lebih bahagia. Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa mandi sauna sehabis pulang kerja akan membuat tidur lebih menjadi lebih cepat dan nyaman dibandingkan dengan mereka yang tidak mandi sauna sepulang dari kerja.
Ketika anda sedang mandi sauna maka secara tidak langsung anda akan melancarkan pernapasan anda karena uap air akan menghilangkan berbagai hambatan nafas pada saluran pernafasan. Dengan demikian sauna akan efektif untuk mencegah penyakit asma, penyakit sinus dan penyakit bronkitis karena penyakit-penyakit tersebut lebih disebabkan oleh terganggunya saluran pernapasan kita.
Menurunkan berat badan
Mandi sauna sangat berguna untuk menurunkan berat badan kita dengan cepat, mandi sauna akan membuat tubuh mengeluarkan keringat secara terus menerus sehingga berat badan kita akan turun karena tubuh kita memiliki kandungan 70 perseb air. Mengeluarkan keringat juga berguna untuk kesehatan kulit kita karena bersamaan dengan keluarnya air keringat maka keluar pula berbagai racun dalam tubuh kita.
Menjaga kesehatan kulit
Mandi sauna saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi kaum wanita untuk menjaga kecantika mereka. Hal ini tidak salah karena mandi sauna dapat menunjang kesehatan kulit, mandi sauna akan membuat pori-pori akan lebih terbuaka dan kulit akan mengeluarkan keringat terus menerus. Dengan keluarnya keringat akan membantu tubuh dan kulit untuk melakukan proses detoksifikasi dimana pada proses inilah racun dan toksin berbahaya bagi tubuh akan dikeluarkan  dari kulit. Dengan proses detoksifikasi maka kulit akan terlihat lebih halus, elastis dan tidak keriput.
Detoksifikasi dari kotoran dari kulit ini memiliki dampak langsung untuk menyembuhkan atau menghindari berbagai gangguan pada kulit seperti jerawat dan komedo.
Melakukan sauna akan membuat mood kita menjadi lebih baik, bada terasa segar, rasa lelah hilang, membuat emosi menjadi sangat baik, selain itu dapat menghilangkan gejala insomnia dan pada akhirnya akan menghindarkan kita dari depresi.
“jangan mudah marah ntar cepet tua lo” gejala depresi akan membuat kita mudah marah, dan pada akhirnya emosi yang  mudah marah akan membuat perubahan pada hormon kita sehingga bukan tidak mungkin kulit akan terlihat lebih keriput dan cepat tua walaupun sudah melakukan perawatan kulit secara intensif denga biaya yang mahal kulit tetap mudah keriput.
  





Tips Mudah Menghindari Berbagai Serangan Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat menyakitkan, saat ini jumlah penderita semakin banyak dari hari ke hari, hal ini tentu tidak lepas dari gaya hidup yang semakin tidak modern dari hari ke hari. Dilihat dari penyebabnya, sebenarnya kanker sangat mudah untuk dihindari dan di cegah  karena penyakit kanker sendiri timbul hanya karena dua hal yaitu pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Saat ini banyak sekali beredar makanan dan minuman yang serba instan, makanan instan termasuk makanan cepat saji sendiri saat ini sudah menjadi makanan favorit masyarakat kita. Dengan embel-embel biar di anggap sebagai orang modern banyak sekali orang-orang yang lebih memilih untuk makan makanan junk food dengan alasan gengsi dan kebersihan dibandingkan dengan makan makanan tradisional di warteg, padahal hampir sebagian makanan tradisional kita adalah makanan yang bergizi, karena kebanyakan makanan tradisional kita berupa sayur-sayuran hal ini ditunjang negara kita sebagi negara agraris yang kaya akan hasil pertanian.
Gaya hidup modern seperti kerja keras sehingga kurang istirahat, depresi tinggi, ditambah merokok dan minuman alkohol semakin meningkatkan jumlah penderita kanker. Perlunya bagi kita untuk menghindari berbagai serangan penyakit kanker, berikut ini adalah beberapa tips bagi kita untuk menhindari potensi serangan penyakit kanker.

Mengenal Omega 3 Senyawa Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Kenal dengan omega 3? Omega 3 merupakan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, omega 3 merupkan antioksidan yang banyak sekai di kandung pada makanan ikan seperti tuna atau salmon. Saya sendiri pertama kali mendengar omega 3 ketika mencoba untuk mempelajari kandungan nutrisi dari ikan, disebutkan bahwa omega 3 merupakan kandungan penting pada ikan, salah satu kenapa bangsa jepang memiliki tingkat kecerdasan rata-rata dan awet muda adalah karena mereka sangat suka sekali mengkonsumsi ikan, dan omega 3 lah yang berperan pada tingkat kecerdasan mereka.
Depresi
Banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi omega 3, dalam suatu penelitian disebutkan bahwa kandungan omega 3 dapat menurunkan tingkat depresi. Orang yang mengkonsumsi ikan secara rutin ternyata memiliki tingkat depresi yang rendah dibandingkan dengan merekan yang tidak pernah makan ikan. Pada suatu penelitian didapatkan hasil ternyata omega 3 mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit bipolar dan skizofrenia
Menjaga kesehatan jantung
Salah satu manfaat populer dari senyawa omega 3 adalah mampu menjaga kesehatan jantung, omega 3 mampu membuat jantung berdetak secara teratur. Omega 3 mampu menjaga dinding arteri, memperlancar peredaran darah dengan cara menghindari penggumpalan darah yang dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi. Omega 3 juga berguna untuk menghilangkan lemak dalam darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, seperti diketahui lemak dan kolesterol adalah penyebab utama dari timbulnya penyakit jantung.
Meningkatkan kecerdasan
Omega menjadi bahan yang populer saat ini karena sering nongol pada iklan susu anak usia balita, memang benar omega 3 pada berguna untuk meninkatkan kemampuan kognitif dari anak. Omega 3 sendiri terbukti memperkuat jaringa neuron dalam otak, melindungi sel otak serta meningkatkan aktivitas transmisi antar sel.
Omega 3 memiliki kandungan asam lemak yang sangat tinggi, namun yang paling penting adalah asam docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Kedua asam lemak ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan sel tubuh dan menunjang fungsi sel tubuh dari komunikasi antar sel dan metabolisme sel. Kedua asam lemak ini banyak sekali didapatkan pada ikan laut, pada penelitian pada pasien penyakit jantung, ternyata kedua asam lemak ini dapat memperpanjang hidup dari penderita.
Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang rapuh menjadi permasalah yang sulit untuk dihindari karena pertambahan usia. Namun omega 3 mampu menurunkan potensi osteoporosis, karena membantu kepadaatan tulang. Pada penelitian menyebutkan ternyata bangsa jepang termasuk yang paling rendah potensi terkena serangan penyakit osteoporosis.
Menjaga kesehatan kulit
Omega 3 memiliki fungsi efektif untuk melindungi kulit dari kekeriputan, kulit kering, dan juga pada perandangan kulit. Omega 3 membantu regenerasi sel dengan baik dimana sek yang sudah mati digantikan dengan sel-sel yang baru. Juga melindungi sel kulit untuk hidup lebih lama dengan menangkal berbagai serangan radikal bebas yang dapat menyerang kulit, omega 3 juga berfungsi menjaga kelembaban dari kulit sehingga kulit akan terlihat tetap halus dan lembut. Maka tidak heran kalau mengkonsumsi ikan secara rutin akan terlihat lebih awet muda. Bicara sola awet muda, cobalah untuk melihat bangsa jepang yang memiliki umur panjang, bahkan saat ini bangsa jepang tercatat sebagai orang yang memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan bangsa yang lainya.

Jadi tunggu apalagi? Jadikan makanan yang mengandung omega 3 sebagai makanan pokok anda, anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang menyenngkan. 

Cara Mudah Sehat Dengan Minum Teh

Suka minum teh? Minum teh di pagi hari sungguh pengalaman yang luar biasa, dan di waktu siang dimana kondisi sedang panas-panasnya makan minum segelas teh dingin akan terasa sangat menyegarkan. Itulah teh yang sangat menyegarkan dengan citarasa yang khas. Teh sudah menjadi budaya dunia walaupun sebenarnya teh berasal dari negeri cina, namun tercatat tidak hanya cina saja yang menjadi pecinta teh namun juga berbagai penduduk di seluruh dunia. Indonesia sendiri juga bisa dikatakan sebagai pecintai teh, untuk itu banyak sekai produsen teh dari teh botol sampai teh celup ada di Indonesia. Indonesia juga dikenal sebagai penghasil teh terbesar di dunia, kebun teh di Indonesia tesebar dimana-mana, yang terkel tentu nya kebun teh di puncak bogor, yang selain sebagai kebun teh juga dijadikan sebagai tempat wisata.
Kebiasaan minum teh baik itu teh hijau atau teh hitam di pagi hari tentu sangat  berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita karena teh sendiri mengandunga kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan kita mulai dari mencegah kanker sampai dengan kesehatan mental kita. Jadi bisa dibayankan betapa besar manfaat dari teh mulai dari menunjang kesehatan tubuh sampai otak kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat sederhana dari minum teh.
Menurunkan resiko kanker
Teh memilliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi sangat berguna untuk bagi kesehatan kita. Teh memiliki kandungan antioksidan polifenol yang tinggi berguna untuk menurunkan resiko penyakit kanker,  karena polifenol berguna untuk menghambat pertumbuhan dari sel kanker dan tumor. Dalam satu penelitian disebutkan bahwa minum teh secara rutin sebanyak 2 gelas sehari ternyata dapat menurunkan resiko serangan penyakit kanker sebanyak 5 kali dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh.
Khasiat teh sebagai anti kanker ini sudah diketahui lama, karena banyak sekali penelitian yang menyebutkan demikian.
Menjaga kesehatan mulut
Teh ternyata juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut kita, teh bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan obat kumur, teh sebagaiman obat kumur juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dari mulut kita dengan cara membatasi atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam mulut kita, bakteri jahat ini kalau tidak dibunuh akan menyebabkan gigi berlubang, infeksi gusi dan berbagi penyakit pada mulut. Disamping teh juga mampu menghilangkan plak lebih baik dari air dalam satu peneitian disebutkan bahwa berkumur menggunakan teh hitam selama 1 menit dapat menghilangkan plak 10 kali lebih baik.
Tips untuk berkumur dengan teh jangan sekai-kali mencampurnya dengan jeruk, karena jeruk mengandung asam yang  tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan.
Meningkatkan daya ingat kita
Menurut penelitian ternyata teh berguna untuk meningkatkan daya ingat dari otak, teh meningkatkan fungsi sel otak, sehingga dapat meningkatkan daya koginitif seperti salah satunya meningkatkan daya ingat kita, disamping kempua yang lain seperti daya fokus kita. Mangkanya tidak heran kalau dalam penelitian pada suatu kantor didapatkan bahwa pegawai yang rutin minum teh untuk memulai pekerjaan atau dalam kondisi kerja seringkali memiliki peforma atau produktivitas yang lebih baik dadipada mereka yang tidak minum teh, disamping itu pegawai yang terbiasa minum teh cenderung lebih bersahabat karena dapat menekan atau mengurangi depresi dengan mengubah mood menjadi ebih baik.
Tips minum teh, usahakan untuk minum teh tanpa gula untuk menjaga khasiatnya dan juga hindari minum teh celup karena bungkus teh celup mengandung bahan yang tidak baik bagi kesehatan.


Magnesium Nutrisi Penting Bagi Tubuh Yang Haru Diketahui

Apa itu magnesium? Kebanyakan kita hanya membacanya di label makanan bermereksaja bukan. Magnesium merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh karena memilik kontribusi terhadap lebih dari 300 reaksi yang ada di tubuh. Magnesium sendiri merupakan senyawa yang tersedia melimpah di bumi, sehingga banyak sekali makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi seperti buah dan sayuran yang baik bagi kesehatan kita.
Magnesium memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh kita, magnesium berguna untuk menunjung fungsi tubuh kita secara optimal. Magnesium berfungsi untuk menunjang otot, detak jantung, jaringan saraf dan jaringan tulang agar tetap sehat dan bekerja secara optimal. Sehingga suplemen magnesium berguna untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan juga untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol baik (LDL) dengan cara meningkatkan produksi kolesterol baik dan menurunkan pertumbuhan kolesterol jahat. Magnesium juga berguna untuk mengobati penyakit diabetes dan mengobati infeksi pada kulit.
Beberapa kebiasaan seperti merokok dan minum minuman beralkohol dapat menjadi penyebab rendahnya kadar magnesium dalam tubuh. Usia yang semakin menua juga menjadi penyebab kekurangan magnesium, selain itu tentu saja tidak makan sayuran yang mengandung kandungan nutrisi magnesium yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Kita bisa mendapatkan nutrisi magnesium dengan mengkonsumsi beberapa makanan seperti buah-buahan, kacang, ikan, daging, dan juga biji-bijian.

7 Manfaat Penting Nanas Bagi Kesehatan

Nanas merupakan buah yang mengandunga banyak sekali mineral sehingga sehingga memiliki cita rasa segar, buah berwarna kuning ini menjadi salah satu kegemaran dari masyarakat indonesia saat ini. Nanas juga menjadi campuran wajib berbagai jenis minuman es. Jus nanas ditambah dengan es merupakan minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Ya benar!!! nanas memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Nanas memilik manfaat bagi kesehatan kita karena mengandung banyak sekali nutrisi, nanas mengandung antioksidan, vitamin C, mangan, thiamin dan vitamin energi yang berfungsi sebagai penambah energi. Nanas juga memiliki kandungan kalori yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol, dan juga rendah natrium. Dengan tingginya kandungan nutrisi pada buah nanas maka bisa dipastikan nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita.
Menjaga kesehatan pencernaan



Nanas mengandung banyak sekali kandungan serat yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan kita, serat membantu usus untuk menyerap kandungan nutrisi pada makanan yang kita cerna. Nanas juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan sendiri berguna untuk membunuh racun atau toksin berbahaya dalam usus sekaligus menghidari tumpukan kolesterol tinggi yang terjadi pada tubuh. Satu lagi nanas memiliki kandungan bromelain suatu enzim yang berguna untuk membantu usus memecah protein pada usus. Untuk diketahui enzim bromelain ini tidak dimiliki oleh semua sayuran dan buah-buahan.
Memperlancar peredaran darah
Nanas memiliki kandungan vitamin C dan bromelain yang tinggi sangat berguna untuk mencegah penggumpalan darah. Darah menggumpal sendiri merupakan salah satu penyebab utama peredaran darah tidak lancar dan tekanan darah tinggi, yang nantinya akan menimbulkan penyakit jantung sebuah penyakit nomer satu di dunia.
Mencegah pilek
Kandungan vitamin C dan bromelain pada nanas sangat berguna untuk menyembuhkan flu atau pilek karena membantu mengurangi lendir pada tenggorokan pada hidung. Jadi buat anda yang sedang menderita batuk atau ingin terhindar dari batuk cobalah untuk mengkonsumsi nanas secara rutin.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C memilki fungsi efektif untuk membantu sistem kekebalan tubuh kita, dan sumber vitamin C yang baik adalah nanas. Kandungan vitamin C pada nanas berfungsi untuk mencegah dan menyembuhkan kerusakan sel tubuh, kerusakan sel pada tubuh akan menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit.
Menjaga kesehatan tulang
Pada suatu penelitian didapatkan bahwa nanas membantu kesehatan tulang dari penyakit tulang rapuh atau osteoporosis yang biasanya disebabkan oleh radikal bebas dan usia yang semaki menua. Buah nanas memiliki kandungan mineral yang tinggi tercatat kandungan mineral pada nanas adalah 75% mineral pada nanas berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga jaringan ikat pada tulang.
Menjaga kesehatan mata
Nanas memiliki kandunga vitamin C dan antiosida yang tinggi berguna untuk menunjang kesehatan mata, menghindari degenerasi mata dimana menurunya fungsi sel-sel pada mata sehingga dapat menyebabkan makula dan rabun mata. Penurunan fungsi sel mata biasanya disebabkan oleh usia yang semakin tua. Namun juga berguna untuk mencegah penurunan fungsi mata seperti mata minus yang diderita oleh banyak kalangan muda saat ini, sebagaimana diketahui kita seringkali mendapati anak-anak sudah banyak yang memakai kacamata.
Menurunkan berat badan

Nanas memiliki kandungan vitamin  C dan enzim bromelain yang berguna untuk membantu proses pencernaan kita menghancurkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minum jus nanas sangat baik untuk menunjang program diet.

Kenali Asparagus Dan Manfaatbagi Kesehatan Kita

Tahu asparagus? Pernah makan asparagius? Sebagian besar mungkin akan menjawab tidak pernah karena asparagus sendiri kurang populer di Indonesia jika dibandingkan dengan sayuran yang lain seperti kangkung maupun bayam. Padahal asparagus merupakan jenis sayuran yang paling populer di Indonesia. Asparagus sudah ada dari jaman dulu, sejak jaman yunani 2500 tahun yang lalu sudah dijadikan sumber makanan. Sayuran yang berbentuk tankai ini sendiri juga sudah dianggap sebagai salah satu sumber makanan herbal oleh masyarakat yunani, asparagus selain sebagai sayuran pelengkap makanan juga sebagai bahan obat-obatan seperti untuk menymbuhkan sakit gigi.


Sebagai sayuran yang juga berfungsi sebagai obat herbal, Asparagus tentu memiliki berbagai macam nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Asparagus sangat kaya akan vitamin K, vitamin C, seng, vitamin E, beta karoten, mangan, selenium. Selain itu Asparagus juga kaya akan asam amino dan mineral, karena kandungan nutrisi yang banyak dari asparagus, maka asparagus juga berguna untuk membantu kita menangkal atau menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kanker dan jantung.
Berikut ini adalah beberapa manfaat penting asparagus bagi kesehatan kita.
Mencegah pikun
Pada satu penelitian disebutkan asparagus mampu meningkatkan kemampuan koginitif manusia, hal ini tidak lepas dari kandungan B12 dan folat yang tinggi dimana meninkatka daya responsif dan fleksibilitas mental. Salah satu gejala penuaan sendiri adalah menurunnya kemampuan kognitif seseorang yang dapat menyebabkan pikun atau cepat lupa.
Menurunkan resiko serangan penyakit diabetes
Asaparagus memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat berguna untuk mengatur gula dalam darah, sehingga dapat menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi yang pada akhirnya akan menyebabkana serangan penyakit diabetes tipe 2. Asparagus sendiri berfungsi untuk membantu tubuh menyerap insulin dengan baik, membantu sel beta bekerja optimal. Untuk diketahui sel beta merupaka sel yang terdapat dalam pankreas berfungsi untuk menyerap, menyimpan dan melepaskan insulin.
Menjaga pencernaan
Asaparagus sangat berguna untuk menunjang kesehatan pencernaan kita karena memiliki kandungan serat dan protein yang sangat tinggi, membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik serta menghilangkan segala gangguan terhadap usus selama proses metabolisme berlangsung. Asparagus juga mengandung inulin yang sangat tinggi, inulin sendiri adalah makanan prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan dengan demikian asparagus juga berguna untuk menurunkan resiko kanker usus besar.
Menjaga kesehatan kulit
Asaparagus mengandung antioksidan yang sangat tinggi berguna untuk melindungii kulit dari berbagai macam serangan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan dari kulit. Radikal bebas dapat dijumpai dari berbagai polusi seperti polusi udara. Asparagus juga melindungi kita dari sinar ultraviolet yang akan membuat kulit kita kering dan cenderung kusam. Dengan demikian asparagus akan membuat kulit kita tetap terlihat muda.
Menurunkan resiko penyakit kanker
Asparagus memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sangat berguna untuk menurunkan potensi serangan kanker. Antioksida pada asparagus akan menangkal berbagai serangan radikal bebas dan menghancurkan lemak jahat dalam tubuh. Asparagus sendiri selain membantu usus berfungsi secara optimal juga menghindarkan kita dari potensi serangan penyakit kanker usus besar.
Ada beberapa orang yang justru alergi dengan asparagus, diamana makan asparagus dapat menyebabkan gatal-gatal dll. Beberape penyakit justru tidak dianjurkan untuk makan asaragus, untuk itu perlunya saran dari dokter untuk mengkonsumsi asparagus jika memang memiliki penyakit tertentu.


Kenali Berbagai Virus Mematikan, 5 Virus Berbahaya

Kenal virus bukan? tahu bahaya virus seperti ebola? Virus merupakan mahluk bersel satu yang berbahaya bagi tubuh manusia, virus merupakan musuh bagi manusia sejak jaman dulu. Virus terdapat dimana-mana sehingga dengan mudah manusia bisa terinfeksi virus. Virus tergantung dari jenisnya, beberapa virus hanya menyebabkan kita sakit ringan namun banyak juga virus yang menyebabkan sakit berat bahkan berujung pada kematian.
Kalau kita nyalakan televisi saat ini tentu kita akan disuguhi berita tentang virus ebola, sebuah penyakit mematikan yang menyerang orang-orang di afrika barat. Ebola sendiri sudah memakan korban meninggal yang tidak terhitung jumlahnya. Tapi tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata masih banyak virus berbahaya yang dapat menjadi penyebab kematian. Berikut ini adalah beberapa virus yang mematikan bagi manusia.

Ebola
Ebola saat ini menjadi headline di banyak media, ebola telah menyebabkan kematian banyak orang di afrika barat. Bahkan ebola sendiri masih menjadi perhatian utama dari WHO sendiri, karena belum ada obatnya, beberapa penelitian menemukan obat yang berguna untuk menyembuhkan penyakit ebola, namun sampai saat ini masih belum teruji benar di lapangan sehingga agenda utama WHO sendiri saat ini adalah mencari solusi untuk mencegah penyebaran dan juga mengobati penyakit ebola.
Virus Marburg

Virus marburg ditemukan pada 1967 dimana pada saat itu banyak pekerja di uganda terinfeksi virus Marburg yang dibawa oleh kera. Virus Marburg sendiri memiliki kemiripan dengan ebola dimana dua-duanya dapat menyebabkan penyakit demam berdarah, yang dapat menyebabkan pendarahan dan kegagalan fungsi organ pada akhirnya akan berujung pada kematian.
H1N1
Virus H1N1 merupakan virus yang menjadi penyebab dari penyakit flu babi sebuah jenis penyakit influenza. Sampai saat ini flu babi sendiri menurut catatan dari WHO sudah menyebabkan kematian sebanyak 600.000 orang dan belum ada obatnya. Flu babi merupaakn pandemi yang dapat menyebar dengan cepat, karena penyebaran sangat mudah yaitu melalui interaksi manusia lewat udara. Maka tak heran kalau kita beberapa waktu yang lalu mendapati berita di televisi dimana semua orang hongkong menggunakan masker untuk mencegah penularan flu babi.
Rabies


Rabies banyak disebut sebagai anjing gila karena seringkali ditularkan lewat hewan piaraan yang terinfeksi rabies seperti anjing. Saat ini sudah ditemukan antibodi untuk melawan virus rabius juga obatnya, namun tahukah anda? Kalau anda tergigit hewan yang sudah terifeksi penyakit rabies jika tidak langsung diobati maka kemungkinan besar anda akan mati.
Virus rabies sendiri dapat merusak jaringan saraf kita dan juga merusak otak kita secara cepat, kedua organ tersebut merupakan organ yang sangat vital bagi manusia kerusakan pada kedua organ tersebut dapat menyebabkan kematian dengan singkat.
HIV
HIV sendiri menjadi penyebab dari penyakit Aids, untuk itu sering penyebutan penyakit Aids berdampingan dengan HIV HIV-AIDS. HIV sampai saat ini tidak memiliki obat, hingga dianggap sebagai virus yang paling mematikan di dunia. Orang yang terserang virus HIV sudah pasti akan berujung pada kematian, entah untuk berapa lama.

HIV sendiri pertama kali ditemukan pada tahun awal 1980 hingga saat ini sudah membunuh puluha juta orang di seluruh dunia. Memang sudah ditemukan obat anti HIV namun obat ini hanya berfungsi untuk memperlambat virud HIV sehingga penderitanya dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun, namun yang harus diketahui penderita HIV tetap akan berujung pada kematian. 

Bagaimana Menjaga Kesehatan Usus Kita?

Usus merupakan salah satu organ tubuh sangat penting bagi tubuh karena usus adalah tempat utama berlangsunya proses metabolisme dalam tubuh. Pada usus berbagai makana akan dicerna  untuk diserap kandungan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Pada usus kita juga hidup berbagai bakter baik yang berguna untuk membantu penyerapan nutrisi makanan dan juga manghancurkan kolesterol maupun racun racun berbahaya yang mungkin terdapat pada makanan.

Gangguan pada usus dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes dll. Dari banyaknya daftar penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada usus maka kesehatan dari usus adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi. Untuk di ingat bahwa 90 persen penyakit disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, maka tidak heran kalau usus yang bermasalah menyebabkan banyak sekali penyakit.
Ada banyak sekai tips untuk menunjanga kesehatan dari usus salah satunya dari makanan seperti yogurt yang sering disebut sebagai makanan probiotik. Dan juga sejumlah sayuran, disamping ada juga tips yang lainya. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca sebagai berikut ini:

Ternyata Bersih-Bersih Itu Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Kita

Tidak suka bersih-bersih? Sebagian mengatakan bahwa bersih-bersih adalah kegiatan yang tidak ada gunanya, bersih-bersih mulai cuci piring, nyapu lantai, sampai dengan cuci baju adalah kegiatan yang hanya cocok bagi seorang pembantu atau paling tidak untuk ibu rumah tangga yang memang tidak memiliki pekerjaan selain itu bersih-bersih adalah kegiatan kotor sehingga dianggap dapat mengganggu kesehatan. Tentu saja anda salah!! Percaya atau tidak bersih-bersih dapat menunjang kesehatan kita, bersih-bersih walaupun dianggap sebagai pekerjaan yang kotor ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Sejumlah manfaat Bersih-bersih adalah dapat membakar kalori kita, meningkatkan kosentrasi kita, menghindarkan kita dari stres, dan juga kita bisa jadikan kegiatan ini sebagai ajang kemarahan kita hehehe..
Bisa dilihatkan dari keterang diatas, jadi jangan pernah khawatir kalau bersih-bersih akan membuat kita mudah sakit karena bersentuhan dengan debu dan kotoran yang lain, karena pada kenyataanya belum pernah ada orang yang sakit karena kegiatan bersih-bersih.
Untuk anda yang tidak suka dengan kegiatan bersih-bersih kayaknya perlu dipertimbangkan, berikut ini beberapa penjelasan yang bisa anda jadikan alasan untuk menyukai kegiatan bersih-bersih.
Menurunkan berat badan
Kegiatan bersih bersih seperti nyapu, mengepel, atau membersihkan selokan ternyata dapat membakar kalori pada tubuh sebesar 300 kalori perjam, untuk kegiatan membersihkan kamar mandi. Pembakaran kalori sebesar itu tentu saja sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena berat badan yang berlebih disebabkan utamanya oleh kandungan kalori berlebih pada tubuh.
Mengurangi stres
Menurut penelitian kondisi lingkungan yang kotor, kacau dan tidak rapi memiliki peranan terhadap tingkat stres kita, lingkungan yang tidak bersih dapat meningkatkan tingkat stres kita. Kegiatan bersih-bersih sendiri merupakan kegiatan yang melibatkan gerak pada tubuh. Sehingga hampir sama dengan olahraga, oleh karena itu memiliki manfaat yang sama dengan olahraga yaitu menghindarkan kita dari stres.
Menghindari alergi
Untuk diketahui beberapa orang menjadi alergi terhadapa lingkungan yang tidak bersih, beberapa orang akan bersin-bersin karena menghirup debu atau bau yang tidak sedap dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak bersih. Beberapa kasus alergi dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit sehingga iritasi, dan juga dapat menyebabkan iritasi mata. Kegiatan membersihkan sprei, kasur, wastafel, kloset, bak mandu dll sangat berguna untuk melindungi kita dari alergi.
Meningkatkan kosentrasi
Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan sangat banyak, sering pada satu waktu kita melakukan kegiatan bersih-bersih banyak kegiatan yang kita lakukan seperti membersihkan lantai, membersikan kamar tidur, membersihkan kamar mandi. Hal ini melatih kosentrasi kita untuk menyelesaikan banyak kegiatan dalam satu hari, secara otomatis kita berlatih menyelesaikan kegiatan sesuai dengan jadwal, dengan runtutan yang sudah kita susun, dan kita harus menyelesaikan tugas atau kegiatan bersih-bersih satu per satu karena kita tidak mungkin menyelesaikan beberapa kegiatan secara bersamaan. Menyelasaikan beberapa kegiatan secara bersamaan merupakan kegiatan multitasking, kalau dilihat multitasking itu keren dan hebat padahal sebaliknya multitasking merupakan petanda buyarnya kosentrasi.
Meningkatkan kepedulian kita ke lingkungan
Dengan kegiatan bersih-bersih kita menjadi lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan dari lingkungan. Tingkat kesehatan kita adalah cerminan kepedulian dan kesadaran kita terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita. Semakin kita menghargai kebersihan dari lingkunngan kita makan secara tidak langsung kita memiliki tingkat kesehatan yang baik, tidak mudah terserang berbagai serangan penyakit. Kita juga lebih peduli terhadap kesehatan kita, membuat kita rajin-rajin menjaga kesehatan kita walaupun tidak dalam kondisi sakit.


Berbagai Makanan Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Liver

Apa anda mengenal liver? Apa fungsi dari liver? Dan bagaimana kita menjaga kesehatan liver?. Liver merupakan organ penting pada tubuh kita, liver memiliki fungsi menyaring kolesterol berlebih, juga menyaring racun atau toksin pada tubuh, mengurangi hormon yang berlebih. Dari fungsi nya dapat diketahui bahwa liver juga berperan penting untuk memertahankan berat badan untuk tetap ideal karena liver mengurangi kadar kolesterol yang berlebih dan menjaga keseimbangan hormon, dan juga menjaga tubuh tetap sehat karena menghilangkan berbagai racun atau toksin yang berbahaya bagi tubuh kita. Dengan demikian liver juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tetap karena melakukan proses detoksifikasi sehingga dapat mengeluarkan berbagai racun atau toksin yang berbahaya bagi tubuh kita.
Anda bisa menjaga kesehatan liver dengan cara yang sangat sederhana salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang menunjang kesehatan liver, berikut ini adalah beberapa sumber makanan atau buah yang dapat menjaga dan menunjanga kesehatan liver.
Kacang
Kacang juga sangat efektif untuk menunjang liver, karena kacang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, dengan menurunya kadar kolesterol makan liver akan terbantu proses kinerjanya. Disamping itu kacang juga dapat mencegah penumpukan lemak pada liver. Kacang banyak sekali jenis nya, untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang optimal pada kacang, usahakan untuk makan kacang dalam kondisi yang masih mentah, belum dimasak karena kandung nutrisi pada kacang akan rusak kalau direbus apalagi sampai suhu 100 C. Banyak sekali makanan kita yang menggunakan kacang seperti gado-gado.
Alpukat
Alpukat memiliki manfaat untuk menunjang fungsi dari liver, alpukat membantu liver untuk menyerap kandungan nutrisi dari makanan. Hal ini sudah dibuktikan dalam suatu penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah alpukat memiliki liver yang jauh lebih sehat daripada mereka yang tidak. Buah alpukat membantu penyerapan antioksdan likupin dan beta-karoten yang sangat berguna untuk melindungi organ tubuh seperti liver dari peradangan juga membantu liver menyaring kolesterol, sehingga tubuh tidak memiliki kadar kolesterol yang berlebih. Disamping itu antioksidan ini juga membantu liver menyaring berbagai racun atau toksin, beta karoten sendiri sangat efektif untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas dalam tubuh.
Kedelai
Pada satu penlitian didapatkan bahwa kedelai sangat efektif untuk mengoptimalkan liver menjalankan fungsinya. Kedelai membantu liver untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan menghancurkan lemak jahat dalam tubuh, hal ini tidak lepas dari senyawa Lecithin yang dimilikinya, lecithin juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan membantu memperlancar sistem peredaran darah. Kedelai juga efektif untuk melindungi sel-sel liver dari lemak yang dapat menghambat sel liver menjalankan fungsinya. Adalah kandungan fosfatidilkolin dan asam lemak esensial  yang terdapat pada kedelai yang berfungsi untuk mencegah penumpukan lemak berlebih di liver.
Berbagai jenis turunan dari kedelai juga sangat baik bagi kesehatan liver, makanan seperti tempe dan tahu yang merupakan hasil fermentasi dari kedelai juga sangat baik bagi kesehata liver. Kita tentu lebih mudah mendapati tempe dan tahu di pasar bukan?
Bawang
Bawang juga sangat berperan untuk menunjang liver kita, karena bawang memiliki kandungan belerang meningkatkan jumlah pertumbuhan enzim pada tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan liver dengan membersihkan liver. Yang berarti bahwa bawang berguna untuk detoksifikasi pada liver, disamping itu bawang juga memiliki sifat anti-bakteri yaitu kemampuan untuk membunuh virus dan bakteri.


Mengenal Detoksifikasi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Detoks belakangan ini sangat marak terutama dikalangan wanita, yang rajin ke salon hanya untuk detoks supaya terlihat lebih cantik dan awet muda. Detoks sendiri merupakan proses mengeluarkan racun-racun atau zat berbahaya lainya dari dalam tubuh. Racun atau toksin dalam tubuh kita bisanya dibawah oleh makanan yang kita makan dan kita minum ada juga racun atau toksin berbahaya bagi tubuh berasal dari udara yang kita hirup. Racun atau toksin yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu fungsi normal dari sel-sel tubuh kita, dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Dan detoks sendiri adalah proses biokimia untuk menghilangkan atau menentralkan racun dalam tubuh dan juga membantu organ agar dapat berfungsi secara normal menangkal berbagai serangan racun atau toksin yang berbahaya bagi tubuh kita.
Berikut ini adalah beberapa proses detoksifikasi yang perlu kita pahami
Membantu kinerja usus
Detoksifikasi dapat membantu kinerja usus untuk menghilangkan berbagai racun atau toksin berbahaya bagi tubuh kita. Dengan cara menghapus atau menghilangkan racun, mengikat racun untuk kemudian dibuang melalui kotoran, membantu usus untuk mencegah penyerapan dari racun atau toksin. Detoksifikasi juga berperan penting untuk membantu pencernaan dengan memecah makanan sehingga pencernaan tidak bekerja terlalu keras, detoks juga mampu memisahkan dengan baik kandunga nutrisi atau racun dari suatu makanan. Detoks sangat membantu pertumbuhan bakteri yang baik bagi pencernaan, bakteri baik dalam usu ini selain memperlancar proses pencernaan juga berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas, racun atau toksin dalam tubuh.
Menangkal berbagai serangan radikal bebas
Detoks dapat menangkal dan menghancurkan berbagai serangan radikal bebas dalam tubuh, untuk diketahui radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama berbagai serangan penyakit berbahaya lainya.
Membantu fungsi hati
Salah satu organ yang sangat penting untuk menangkal, menyaring, atau bahkan menentralisir racun adalah hati, hati merupaka organ penting yang berguna untuk menentralisir racun sehingga  dapat dengan mudah dikeluarkan melalui proses metabolisme.
Mengurangi iritasi
Salah satu dari dampak racun atau toksin dalam tubuh adalah timbulnya iritasi, salah satu contohnya adalah iritasi pada usus. Iritasi disebabkan oleh peradangan yang dipicu oleh makanan olahan seperti susu, kopi, gluten, dan alkohol. Karena makanan tersebut tidak hanya membawa racun atau toksin saja tapi juga membawa senyawa yang berbahaya bagi tubuh.
Awet muda
Alasan kenapa detoks saat ini sangat populer dikarenakan perananya yang membantu proses regenerasi sel dimana sel yang sudah tua dan mati akan digantikan dengan sel yang masih muda. Sebagai contoh manfaat dari deoksigikasi adalah membuat kulit tetap halus dan tidak keriput atau dengan kata lain membuat terlihat lebih awet muda itu kenapa detoks saat ini menjadi tren dikalangan wanita, karena wanita sendiri selalu ingin terlihat tetap cantik.

Proses detoks secara alami bisa kita dapatkan dari berbagai macam makanan dan minuman berikut pola makan yang sehat sangat menunjang proses detoksifikasi pada tubuh kita. Makanan dan minuman yang menunjang detoks tubuh antara lain:  air kelapa teh hijau, yogurt, dan jus buah. Bebarap terapi seperti terapi pijat juga membantu detoks, terapi sauna juga sangat berperan untuk mengeluarkan racun tubuh. Rajin olahraga tiap hari nya sangat membantu kita untuk mengeluarkan racun atau toksin melalui air keringat, itu kenapa orang yang rajin berolahraga tetap akan terlihat awet muda karena  semua racun dan toksin dalam tubuh sudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Kita

Walaupun akhir-akhir ini saya sendiri sudah jarang sekali menemukan jeruk bali, tapi saya yakin penggemar jeruk bali masih sangat banyak.Jeruk bali merupakan jeruk yang memiliki bentuk bulat besar jauh lebih besar daripada buah jeruk biasa. Jeruk bali juga memiliki kandungan daging yang lebih banya dibandingkan dengan jeruk biasa. Kalau jeruk biasa memiliki rasa yang cenderung manis kecut maka jeruk bali memilki rasa manis pahit. Daging jeruk biasa berwarna oranye sedangkan jeruk bali memiliki warna merah. Sampai saat ini penulis tidak tahu apakah jeruk bali memang benar-benar dari bali. Tapi yang jelas jeruk bali memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan kita. Tidak kalah dengan jeruk biasa, jeruk bali memiliki kandungan vitamin A, E, C, kalsium, magnesium  dan juga antioksidan likupin dan beta-karoten berguna untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit berbahaya terhadap tubuh kita. Jeruk bali berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit tercatat jeruk bali mampu mambantu kita untuk mencegah penyakit jantung, penyakit, kanker, kulit, dan obesitas. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah bebarapa manfaat dari jeruk bali.

6 Tips Minum Air Putih Agar Memiliki Manfaat Yang Optimal Bagi Kesehatan Kita

air merupakan bahan mineral yang sangat penting bagi kehidupan manusia, manusia sendiri merupakan mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari 70 persen lebih dari air. Sehingga air merupakan sumber kehidupan yang penting bagi banyak mahluk hidup seperti manusia.
Air sendiri bagi manusia memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, air berguna untuk menjaga keseimbangan kandungan pH atau kandungan asam dan basa bagi tubuh yang sangat berguna untuk memaksimalkan fungsi tubuh untuk menyerapa nutrisi pada makanan. Selain itu air juga berguna sebagai sumber energi bagi kita dan juga menghindar kan kita dari dehidrasi.

Air tidak hanya bisa didapatkan pada air putih, air mineral, air PDAM saja tapi juga air bisa didapatkan dari bahan makanan tertentu seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Kebutuhan kita akan air sendiri juga terbilang tinggi paling tidak 1 liter dalam satu hari. Berikut ini adalah beberpa tips untuk mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan kita.
Minum air putih di pagi hari
Minum air putih setelah bangun tidur sangat baik bagi kesehatan karena bangun dari tidur kondisi tubuh kita bisa dibilang terkena dehidrasi karena sudah hampir 8 jam tidak minum air putih sama sekali. Disamping menghilangkan dehidrasi minum air pada waktu pagi juga sangat baik bagi organ-organ tubuh kita, karena air akan menyirami organ tubuh seperti ginja dan organ lainya di saat tidak ada makanan didalam tubuh kita sama sekali. Juga berguna untuk menetralkan keasaman tubuh kita, karena di pagi hari tubuh kita berada dalam kondisi yang lebih asam. Sehingga organ kita sedang berada dalam kondisi kurang terlalu aktif. Direkomendasik untuk minum 2-3 gelas dalam satu hari dan jeda sehabis minum air di pagi hari dengan makan pagi sebaiknya 30 menit.
Suhu terbaik air minum adalah hangat (sedang)
Suhu terbaik bagi air putih untuk diminum adalah hangat tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Minuman air yang bersuhu dingin akan membuat lambung pada perut akan kaget, karena perut memiliki kondisi hangat. Sedangkan minum air panas akan membuat peradangan pada tenggorokan dan dapat menimbulkan kanker tenggorokan dalam jangka panjang dan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Mencegah sembelit
Anda mengalami sembelit? Solusinya gampang anda tinggal minum air hangat sebelum tidur karena air putih dapat mengobati sembelit dan melancarkan pencernaan, dan diminum sebelum tidur karena pada waktu kita tidur organ pencernaan kita sedang istirahat.
Air isi ulang
Hati-hati dengan air isi ulang galon, karena banyak sekali air isi ulang yang bersumber dari air yang tidak bersih, sehingga dapat menimbulkan mual dan muntah-muntah. Air isi ulang bermerk lebih menjamin keshehatan dan kebersihan dari air walaupun memiliki harga yang lebih mahal.
Air botol kemasan
Air mineral botol kemasan memang memiliki kualitas yang baik bagi kesehatan namun kemasan plastik memiliki bahan beracun dan dapat tercampur dengan air bila suhu panas. Solusinya usahankan untuk beli air minuman dalam kemasan yang masih di dalam lemari pendingi, atau paling tidak yang terhindar dari sinar matahari secara langsung sehingga kecil kemungkinan kandungan beracun dalam plastik botol tercampur dengan air mineral.
Minuman yang harus dihindari
Hindari kopi karena menyebabkan kita dehidrasi, hindari minuman ringan karena memiliki kandungan pemanis dan karbonasi yang tidak baik bagi kesehatan.





Tips Bagaimana Menjaga Agar Tulang Tetap Kuat

Seiring dengan bertambahnya usia akan sering kita jumpai orang terutama wanita menderita penyakit osteoporosis tulang keropos, bahkan menurut survey satu dari lima wanita terutama di Indonesia menderita penyakit osteoporosis. Kondisi tulang rapuh dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satu karena usia yang semakin tua, untuk wanita usia di atas 50 memiliki potensi serangan penyakit osteoporosis lebih besar, sedangkan pada pria potensi serangan penyakit osteoporosis lebih besar untuk yang berusia 55 tahun ke atas. Osteoporosisi memungkainkan seranga penyakit yang lain pada wanita seperti kanker ovarium dan juga monopouse karena hormon yang melindungi tulang lebih sedikit, osteoporosis juga bisa menyebabkan tulang mudah patah, bungkuk dll. Pengaruh osteoporosis yang paling nyata adalah berkurangya tinggi badan karena kondisi tulang yang keropos.
Senyawa mineral merupakan yang paling dibutuhkan oleh tulang mineral yang dibutuhkan adalah jenis kalsium dan fosfat. Kita bisa mendapatkan senyawa kalsium dan fosfat pada beberapa makan yang bergizi seperti susu, yogurt merupakan sumber kalsium dan fosfat dari hewani, sedangkan pada bahan makanan nabati kita bisa dapatkan pada makanan brokoli kacang-kacangan.

4 Tips Mencegah Atau Menghindari Penyakit Kanker

Tentu anda sudah tahu dengan kanker kan? Kanker merupakan sebuah penyakit mematikan sama mematikanya dengan penyakit jantung. Berbagai pola makan dan kebiasaan hidup yang modern saat ini turut berperan dengan semakin tingginya jumlah kasus penderita kanker. Kualitas lingkungan seperti udara dan air juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker. Bahkan iklim yang semakin panas dikarenakan dampak pemanasan global membuat jumlah penderita kanker kulit di luar negeri meningkat, hal ini tentu saja dikarenakan sinar UV menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena kanker sendiri termasuk penyakit berbahaya yang sulit untuk disembuhkan, saat ini memang perkembangan tekonologi yang modern memungkinkan kanker untuk disembuhkan dengan operasi maupun dengan  terapi kemo (kemoterapi). Namun untuk diketahui kedua tindakan tersebut masih belum mampu menghilangkan sepenuhnya sel-sel kanker, melainkan Cuma 80 persen. Disamping itu biaya mahal juga menjadi kendala yang tidak bisa acuhkan, biaya operasi atau kemoterapi bisa mencapai ratusan juta.
Sebuah cara yang sederhan sebenarnya bisa dilakukan untuk menghindari kanker, yaitu dengan menjaga pola makan, instirahat yang cukup dan menghindari stres. Berikut ini adalah penjelasanya.
Tidur dengan cukup
Istirahat atau tidur dimalam hari sangat penting bagi kita untuk mencegah kanker. dalam studi disebutkan bahwa kurang tidur atau tidur dengan jangka waktu kurang dari 6 jam akan  meningkatkan resiko kanker. maka tidak heran kalau kita mendapati  jumlah penderita kanker pada masyarakat jepang cukup tinggi padahal mereka sendiri menerapkan pola hidup yang sehat, dan tingkat obesitas mereka sangat keci. Hal ini tentu saja disebabkan karena kurangnya tidur, rata-rata orang jepang tidur dalam sehari paling lama 6 jam.
Hal yang penting dalam aktivitas tidur itu sendiri adalah tubuh memperbaiki jaringan saraf yang rusak dan juga kesempatan untuk memperbaiki sel tubuh kembali normal.
Mengatur pola makan sehat
Makanan memegang 90 persen lebih penyebab dari kanker. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi karena biasanay antioksidan memiliki sifat anti kanker dapat menghindarkan tubuh dari serangan kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dapat dengan mudah kita dapatkan pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayuran seperti brokoli dan buah seperti stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi berguna untuk mencegah kanker.
Tidak hanya jenis atau kualitas makanan saja yang harus diperhatikan, jumlah makanan yang kita makan juga memegang peranan penting, hal ini dikarenakan obesitas atau kegemukan akan meningkatkan resiko penyakit kanker dengan makan porsi makanan yang lebih sedikit maka efektif untuk menghindari obesitas. Makan seperti buah labu sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena membuat cepat kenyang dan menurunkan nafsu makan.
Hindari stres
Dalam satu penelitian disebut tingkat stres yang tinggi berhubungan erat dengan resiko penyakit kanker. Orang yang mengidap stres memiliki potensi terkena penyakit kanker daripada mereka yang tidak stres. Stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, bahkan stres juga menjadi penyebab timbulnya tumor dalam tubuh.
Untuk menghindari sters caranya sangat sederhana, selalu berpikir apa yang membuat kita bahagia, selalu berpikir positif, hindari sikap cemas dan ketakutan yang merupakan salah satu penyebab stres.
Olahraga

Lakukan olahraga secara ruti, kalau membang tidak sempat atau terlalu berat bisa dilakukan dengan jalan kaki. Meskipun dianggap hanya untuk menggerakan otot saja jalan kaki ringan juga berguna untuk menurunkan potensi resiko serangan kanker

6 Makanan Yang Baik Bagi Kesehatan Mata Anda

Anda memiliki masalah dengan mata anda? Mata anda minus sehingga harus memakai kacamata? Dewasa ini banyak sekai kita jumpai kasus gangguan pada mata, kebanyakan adalah berkurangnya kemampuas mata untuk menyerap cahaya sehingga perlu menggunakan kacamata, kalau dulu rata-rata disebabkan oleh usis yang memang tua, namun sekarang ini tidak hanya orang tua atau orang dewasa yang memakai kacamata, namun usia anak-anak pun juga sudah banyak yang memakai kacamata. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan yang buruk seperti gadget tapi juga karena minimnya gizi pada makanan yang dikonsumsi.
Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan gizi atau nutrisi tinggi terutama vitamin A (vitamin yang berguna untuk menunjang kesehatan mata) yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan mata. Selama ini yang dikenal oleh masyarakat adalah wortel yang memiliki kandungan vitamin A, padahal masih banyak selain wortel yang memiliki kandungan vitamin A. Berikut ini adalah bebarapa daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin A.
Sayur sayuran
Sayur sayuran seperti kubis, bayam, kol, dan sawi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan yang dimiliki adalah lutein dan zeaxanthin yang sangat berguna untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat mengganggu kesehatan mata. lutein dan zeaxanthin juga dapat memperbaiki fungsi-fungsi mata yang rusak sekaligus menghindarkan mata dari penurunan fungsi mata seperti katarak, rabun, dan makula.
Wortel
Wortel merupakan makanan yang sangat dikenal sebagai sumber vitamin A dan hampir semua orang mengetahuinya, wortel memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadi penyebab warna dari wortel menjadi oranye. Kandungan beta-karoten inilah yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, wortel secara efektif mencegah penyakit rabun jauh, katarak dan makula. Selain itu juga berguna untuk memperbaiki sel-sel mata yang rusak. Selain wortel masih banyak buah atau sayuran yang mengandung beta-karoten seperti ubi jalar, mangga, melon yang memiliki warna dikarekan mengandung beta-karoten.
Stroberi
Stroberi dan juga buah yang satu family beries seperti blueberi, raspberi meiliki kandunga antioksidan yang sangat tinggi berguna untuk menangkal berbagai serangan penyakit berbahaya bagi tubuh seperti jantung dan kanker. Stroberi ternyata juga sangat berguna untuk menunjang kesehatan mata, hal ini sudah dibuktikan dalam satu penelitian dimanata kandungan antioksidan pada stroberi mampu menghidarkan mata dari penyakit makula, rabun, dan juga katarak yang rata-rata disebabkan oleh penurunan fungsi sel pada mata karena usia yang semaki menua.
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang juga berguna untuk menunjang kesehatan mata, vitamin E berguna mencegah dan menghambat penyakit katarak mata.
Susu
Susu memiliki kandunga vitamin A yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan mata, selain itu susu juga memiliki kandungan riboflavin yang berfungsi untuk mencegah segala gangguan pada mata seperti katarak dan makula. Susu sendiri merupakan sumber vitamin A dari hewani, selain susu sumber energi vitamin A juga bisa didapatkan di keju, telur, dan hati.
Ikan salmon

Ikan salmon merupakan jenis ikan laut yang sangat populer sebagai bahan makanan saat ini, disamping rasanya yang lezat ikan salmon juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita. Dalam satu penelitian didapatkan hasil ternyata kandungan omega-3 pada ikan salmon sangat berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit makula pada mata. Selain itu ikan salmon juga memiliki kandungan niacin yang sangat berguna untuk memberantas penyakit katarak.